Bupati Dorong Sekolah Hijau Berwawasan Lingkungan

Kategori: 

CIGUGUR,- Bupati Kuningan, H.Acep Purnama, SH., MH mendorong kepada seluruh sekolah di wilayah Kabupaten Kuningan untuk menjadi sekolah hijau berwawasan lingkungan. Hal itu disampaikan Bupati, saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Kepala SMPN dan SDN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan Tahun 2020, Senin (02/03/2020) bertempat di SDN 1 Cigadung, Kecamatan Cigugur.

Dikatakan Bupati, hal itu dilakukan, guna mengubah perilaku dengan membangun kesadaran anak sejak usia dini terhadap pelestarian lingkungan dan sejalan dengan program pembangunan karakter generasi muda. Selain itu menurutnya, dengan berwawasan lingkungan, sekolah akan tampak indah, sehat, dan bersih.

"Bahkan tadi saya sudah wanti-wanti dalam apel pagi sama Pak Uca Kadisdikbud. Nanti dalam acara pelantikan bisa tidak membangun sebuah komitmen, satu saja, minta ciptakan sekolah sehat sekolah berwawasan lingkungan. Jangan sampai di dalam halaman sekolah tidak ada satu batang pohon pun. Insya Allah kalau suasana terlihat hijau, penglihatan kita juga terasa segar pikiran juga akan jernih," tuturnya.

Bagi Bupati, sekolah berwawasan lingkungan sehat dan hijau sangat penting, selain membuat lingkungan sekolah terlihat indah juga dapat memberikan edukasi terhadap siswa tentang pengeloaan dan pelestarian lingkungan.

Bupati berharap, dengan dilantiknya 102 Kepala Sekolah, bisa berkomitmen untuk mewujudkan sekolah hijau berwawasan lingkungan. Selain itu Bupati juga meminta, setiap sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang didukung perkembangan teknologi informasi.

"Mudah-mudahan Bapak Ibu sekalian pada saat mulai bertugas hari ini ke depan bisa mewujudkan sekolah hijau berwawasan lingkungan. Seperti yang saya lihat di sini (red_SDN 1 Cigadung) ada tanaman pucuk merah di sana, ada tanaman Ketapang, semuanya mudah didapat asal ada kemauan. Bisa datang ke Dinas Lingkungan Hidup atau Dinas Pertanian pasti ada bibit-bibit yang bisa ditanam. Atau bisa membeli dengan menyisihkan dari Dana BOS Satu bulan Satu bibit tanaman," imbuhnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kab.Kuningan, Dr.H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., Asisten Administrasi Umum, H.Raji, SE., M.MKes, Kepala BKPSDM, Drs.H. Nurahim, M.Si., Kepala Disdikbud, Drs.H Uca Somantri, M.Si, Ketua PGRI, Pipin Mansur Aripin, M.Pd serta sejumlah undangan lainnya. (yudi/Bid IKP/Diskominfo)