Bupati hadiri Musrenbang Kec. Maleber

Bupati Kuningan H. A ep Purnama, SH., MH menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kec. Maleber, Senin (27/01/2020) bertempat di Aula Kec. Maleber. Selain Bupati musrenbang dihadiri juga oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kec. Maleber, Tim Monitoring Dari Kanupaten, para Kepala UPT/UPTD, Kepala Desa, Ketua TP.PKK Kecamatan Dan Desa se- Kec. Maleber serta sejumlah undangan lainnya.

Camat Maleber Agung Gumelar, S. AP., M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyusun pembangunan di berbagai bidang. Tantangan perencanaan pembangunan cukup berat. kita akui bersama belum semua persoalan di kabupaten ini tertangani secara tuntas dan memuaskan seluruh lapisan masyarakat. oleh karenanya melalui forum musrenbang kecamatan ini kita akan berdiskusi dan bermusyawarah guna merumuskan berbagai persoalan yang memerlukan penanganan segera dan menyangkut hajat hidup masyarakat serta upaya yang akan dilakukan dalam mencapai target yang telah disepakati.

Sebagai upaya untuk merevitalisasi fungsi forum musrenbang tingkat kecamatan serta menjamin adanya kepastian usulan hasil musrenbang bisa terealisasi. kami mencoba menerapkan pagu indikatif kecamatan (pik) yang pembagian pagunya diarahkan untuk menangani persoalan kemiskinan dan tingginya angka pengangguran. kecamatan yang angka kemiskinannya tinggi akan mendapat prioritas yang lebih tinggi. dengan syarat pik ini digunakan untuk mendanai kegiatan, seperti : Peningkatan Sarana Prasarana Pendidikan Peningkatan Kesehatan Masyarakat (Penanganan Stunting, Sarpras Kesehatan). Peningkatan Sarana Prasarana Terkait Layanan Publik (Air Minum, Sanitasi, Rutilahu) Peningkatan Aspek Ekonomi Masyarakat (Pelatihan Keterampilan Kerja, Bantuan Sarana Prasarana Produk Home Industry, Pertanian, Pengembangan Ekonomi Kreatif) Peningkatan Konektivitas Wilayah Diharapkan dengan adanya pembagian pagu indikatif kecamatan (pik), akan tercipta pendanaan pembangunan wilayah secara proporsional sesuai tingkat permasalahan yang ada.

Diwaktu yang sama, Musrenbang juga dilaksanakan di Kecamatan Kalimanggis dihadiri Sekretaris Daerah Kab.Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. si dan Musrenbang Karangkancana dihadiri Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M. Si .(Bid IKP/Diskominfo)