Bupati Hadiri Rapat Pertemuan Forum Kemitraan BPJS Kesehatan Kabupaten Kuningan

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH. MH. menghadiri rapat pertemuan dengan Forum Kemitraan BPJS Kesehatan Kabupaten Kuningan bertempat di Bubulak Resto Kuningan. Dalam kegiatan tersebut hadir Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kadinkes Kuningan, Direktur Rumah Sakit beserta jajaran, Kabag Protokol, Kepala Dinsos, Kepala DPMD, Kepala BPJS kesehatan se-wilayah Cirebon dan Kuningan, Rabu (16/09/2020).

Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa forum kemitraan ini merupakan komitmen yang telah dilaksanakan dan membahas mengenai laporan progress, kendala-kendala, serta langkah-langkah yang sedang dan akan diambil berkaitan dengan program BPJS. Hal ini merupakan upaya dalam menyamakan persepsi antara instansi yang terkait langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan program BPJS.

Selanjutnya Bupati Kuningan menyampaikan sambutannya mengenai rapat koordinasi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Tujuan dari rapat ini yaitu bagaimana pelayanan kesehatan bisa diterima oleh masyarakat dan mendapatkan pelayanan yang sesuai. Namun dalam pelaksanaannya, banyak menghadapi kendala dari akurasi data ataupun input data yang kurang valid.

Dari data yang mengalami kendala, diharapkan untuk segera memvalidasi kembali data-data yang ada sehingga tidak terjadi kerugian. Diawali dengan administrasi data yang baik, validasi data, dan dinamisasi data yang terus berubah itu harus dibereskan terlebih dahulu.

Bupati meminta kepada pihak kemitraan BPJS untuk jangan ragu-ragu dalam membangun komunikasi terkait dengan faktor yang harus diselesaikan secara bersama. Beberapa faktor yang dialami oleh masyarakat terkait kurang pahamnya kevalidasian data yang tidak akurat.

Terkait dengan administrasi banyak keluhan-keluhan yang disampaikan oleh masyarakat. Di Kabupaten Kuningan ada 2 rumah sakit pemerintah dan beberapa rumah sakit swasta yang menerima pelayanan BPJS. Bupati berharap untuk meningkatkan pelayanan BPJS kepada masyarakat sebagai upaya peningkatan layanan kesehatan. (BID/IKP/DISKOMINFO)