Bupati Kuningan Buka Saung Rahayat 2020

Kategori: 

CIGUGUR,- Bupati Kuningan, H.Acep Purnama, SH., MH membuka Acara Saung Rahayat 2020 yang digelar Mahasiswa KKN Universitas Prasetya Mulya, Sabtu (22/02/2020) di Alun-alun Kecamatan Cigugur.

Hadir dalam acara tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Cigugur, Camat Kramatmulya, Dekan STEM Universitas Prastya Mulya, Prof.Dr. Jonson Naiborhu, Pengelola Paseban Tri Panca Tunggal, Pangeran Gumirat Barna Alam, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Kuningan dalam sambutannya mengemukakan, selaras dengan Visi Universitas Prasetya Mulya dalam meningkatkan perekonomian kerakyatan, event Saung Rahayat diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di Kecamatan Cigugur khususnya dan umumnya masyarakat Kabupaten Kuningan dengan meningkatkan pasar produk lokal.

Selain itu, Bupati juga berharap, para Mahasiswa dan Mahasiswi KKN dari Universitas Prasetya Mulya dapat mengambil nilai-nilai kehidupan dari masyarakat Kuningan yang masih kuat memegang teguh tradisi dan budaya gotong-royong.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa yang sudah melaksanakan KKN di Kecamatan Cigugur. Semoga dapat mengambil nilai-nilai kehidupan masyarakat Kabupaten Kuningan terutama di lingkungan Cigugur yang masih memegang teguh nilai-nilai tradisi leluhur serta kuat dalam budaya gotong-royongnya. Apa-apa yang diperoleh selama KKN, mudah-mudahan dapat ditularkan dilingkungan masyarakat yang ada di perkotaan,” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, di era teknologi informasi dan modernisasi yang paling sulit adalah mempertahankan nilai tradisi. Maka dari itu, Bupati sangat mengapresiasi penyelenggaraan event Saung Rahayat yang mengangkat nilai tradisi, budaya, dan ekonomi kerakyatan.

“Marilah kita kolaborasikan antara modernisasi zaman dan kearifan nilai-nilai tradisi. Zaman boleh berkembang, teknologi boleh maju dengan pesat, tapi nilai-nilai tradisi dan budaya harus tetap kita pertahankan, karena itu adalah jati diri kita yang sesungguhnya,” tandasnya.

Sementara, ketua panitia acara, Vincentius Pangestu menuturkan, Saung Rahayat 2020 merupakan sebuah event yang dapat mewadahi potensi yang ada di Kabupaten Kuningan khusunya di Kecamatan Cigugur untuk tumbuh dan berkembang kedepannya.

Dengan digelarnya acara tersebut, dikatakan Vincen, dapat menumbuh kembangkan usaha-usaha lokal, mengapresiasi dan mengaktivasi komunitas dan budaya setempat, serta meningkatkan promosi wisata diwilayah Cigugur.

“Meski gaungnya belum cukup besar, namun diharapakan kegiatan ini dapat menjadi batu loncatan untuk mengekplorasi dan membangkitkan potensi yang ada di Kabupaten Kuningan Khususnya di Kecamatan Cigugur yang tersembunyi dan sempat vacum,” tuturnya.

Masih dikatakan Vincent, dengan dipilihnya Kecamatan Cigugur sebagai lokasi kegiatan, diharapkan dapat memberikan paparan potensi keindahan alam secara langsung kepada seluruh stakeholder yang ada di luar Kabupaten Kuningan. Sehingga dapat menarik minat untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Kecamatan Cigugur.

“Dengan banyaknya minat dari stkeholder di luar Kuningan untuk mengembangkan potensi yang ada khususnya di Kecamatan Cigugur ini, Kedepan tentu akan berimbas pada peningkatan potensi daerah dan perlahan perekonomian masyarakat pun akan meningkat pula,” pungkasnya. (yudi/bid IKP/Diskominfo)