Bupati Kuningan Hadiri Bakti Sosial Tagana dan Pembersihan Kali Cipeda

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. menghadiri acara Bakti Sosial Tagana dan Pembersihan Kali Cipeda di Desa Parakan Kecamatan Maleber. Kamis, (12/11/2020).

Acara tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala SKPD, Camat Maleber, Forkopim Maleber, TNI, POLRI, KORAMIL, Kapolsek, TP PKK, dan Kepala Desa Parakan.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, Bupati Kuningan berharap masyrakat senantiasa siap sedia dan siaga mengantisipasi berbagai kemungkinan dari bencana yang dimungkinkan terjadi setiap saat, mengingat aliran sungai yang cukup besar membuat was-was masyarakat Desa Parakan di Kecamatan Maleber, Tagana adalah suatu wadah yang harus siap sedia setiap saat terutama dalam situasi darurat.

"Terima kasih dan apresiasi pada Tagana atas rasa, karsa dan kepedulian untuk saling berbagi dan melindungi sesama. Inshaallah kita biasa dalam mengahdapi berbagai macam kebencanaan." Ujar Bupati.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan menyampaikan, tanpa kerjasama dan kerja keras, tidak mungkin bisa menangani bencana. Melalui kegiatan ini, Bupati berharap masyarakat mendapat pengetahuan tentang bagaimana menghadapi kebencanaan yang terbagi menjadi bencana alam dan non alam seperti wabah Covid-19

“Terus berdoa agar Allah menghindarkan bencana. Tetap terapkan protokol kesehatan 3M, Menggunakan masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak untuk mencegah penyebaran covid-19." Ujar Bupati Kuningan.

Selanjutnya, Bupati Kuningan menyampaikan mengenai Proklasi atau program bersih-bersih kali/program kali bersih, dimana masalah yang paling utama nya merupakan tumpukan sampah. Menurutnya, dengan proklasi ini paling tidak akan lebih menghidupkan habitat-habitat kehidupan seperti ikan, juga sebagai bentuk pelestarian lingkungan.

Sejauh ini, sudah banyak sungai yang dibersihkan mulai dari citamba, awirarangan, dan yang melintas di tengah kota Kuningan. Jika sungai bersih airnya akan menjadi bening sehingga di musim tertentu bisa dijadikan area wisata khususnya wisata sungai.

“Saya yakin baik instruksi dan himbauan kita sudah sampaikan ke semua desa, kecamatan yang daerahnya dilalui oleh aliran sungai. Semoga" Pungkasnya. (Bid/IKP/Diskominfo)