Bupati Kuningan Shalat Idul Adha di Masjid Syiarul Islam

Kategori: 

Bupati Kuningn, H. Acep Purnama menjalankan Shalat Idul Adha 1440 H di Masjid Syiarul Islam, Minggu (11/8/19). Ia didampingi Sekda Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar,M.Si dan Dandim 0615 Letkol Infanteri Daru Cahyadi Soeparto, S.Sos. MM, berada di barisan paling depan.

Para jamaah yang menjalankan ibadah Shalat di Masjid Syiarul Islam telah memadati sejak pukul 06.15 pagi, Selaku Imam KH. Muktamad Lc, Imam besar Masjid Syiarul Islam sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Husnul Khotimah, dan Khotib, KH. Arifin pimpinan pondok Pesantren Asyarobuthour.

Dalam kesempatan itu Bupati Kuningan dalam sambutannya menyampaikan, hari ini adalah Idul Adha atau Hari Raya Qurban, hari dimana kita memperingati perjuangan dan kurban yang dilakukan oleh keluarga Nabi Ibrahim AS. Banyak nilai-nilai mulia, perjuangan dan pengorbanan serta kesetiaan pada Allah SWT dan sesama manusia yang mereka wariskan untuk dapat kita teladani hingga saat ini. 

Usai shalat Idul Adha Bupati Kuningan didampingi Istri atas nama keluarga menyerahkan satu ekor sapi kepada DKM Masjid Syiarul Islam, dan satu ekor lagi atas nama Pemkab Kuningan. Menurut informasi dari ketua DKM Syiarul Islam Yayan Sofyan untuk penerimaan hewan Qurban sebanyak 3 ekor Sapi, dan 4 ekor Domba. Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Bagian Humas Dr. Wahyu Hidayah, M.Si, Kepala Bagian Umum Guruh Irawan Zulkarnaen. S.Stp.M.Si dan Kepala Bagian Kesra Toni Kusmanto, M.Si,

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan di Halaman belakang Masjid Syiarul Islam Pukul 13.20 WIB, dan langsung dilakukan pemotongan dan pembungkusan untuk dibagikan. Menurut Ketua DKM Yayan Sofyan didampingi Asep Kamaludin selaku Bidang Pembinaan Remaja, Hewan Kurban sebanyak 3 sapi dan 4 kambing. Hewan-hewan ini berasal dari keluarga H. Acep Purnama 1 sapi, atas nama Pemkab Kuningan 1 sapi, dan 1 ekor lagi dari Dr. Agus Suparman MA, dan 4 kambing dari warga.

"Daging hewan kurban ini dibagikan sekitar 500 bungkus. Adapun pembagian tidak menggunakan kupon, melainkan panitia menggunakan data mustahiq yang bersumber dari RT sekitar yang berjumlah 15 RT dari 53 RT yang ada di Kelurahan Kuningan," ungkapnya sambil menyaksikan pemotongan hewan kurban. Ia mengatakan, tak ketinggalan pedagang kaki lima dan petugas kebersihan sekitar masjid pun mendaptkn bagian, tuna netra binaan, yatim piatu, dan lainnya.