Bupati Kuningan Terima Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI

Kategori: 

Bupati Kuningan menerima Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Kabupaten Kuningan di Pendopo Setda Kuningan, Kamis (08/10/2020). Acara ini dihadiri oleh Ketua Komisi X DPR RI dan rombongan, Wakil Bupati Kuningan, Forkopimda Kabupaten Kuningan, Para Kepala SKPD di Kabupaten Kuningan, ketua gugus tugas covid-19 Kabupaten Kuningan, Para Pimpinan Organisasi di Kabupaten Kuningan, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Deputi Bidang Ekonomi digital dan Produk Kreatif Kemtentrian Ekraf, Kepala Pelayanan Kemdikbud, dan Direktur SMP Kemdikbud.

Tujuan kunjungan Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Kabupaten Kuningan adalah untuk mendapatkan masukan berupa data-data faktual bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda,olahraga, perpustakaan, khususnya dalam masa pandemi covid-19 dan juga untuk mendapatkan masukan terkait pokok-pokok substansi pembangunan nasional yang dapat di jadikan rujukan dalam pengambilan kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsi Komisi X DPR RI.

Dalam acara tersebut di isi pula dengan diskusi-diskusi terbuka kepada Komisi X DPR RI mengenai segala aspek dan hal yang ingin disampaikan oleh para tamu undangan mengenai bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda,olahraga, dan perpustakaan.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Kuningan menyampaikan, dari sisi demografis Kuningan berpenduduk 1 juta 150 Jiwa, sedangkan dari sisi administratif Kuningan dibagi menjadi 32 kecamatan, 361 desa dan 15 Kelurahan. Dengan jumlah desa yang banyak ini Kuningan memerlukan perhatian yang lebih seksama.

Menurut Bupati Kuningan, sejak mendeklarasikan diri sebagai kabupaten pendidikan pada tahun 2016, pemerintah Kabupaten Kuningan melakukan berbagai upaya untuk pembangunan di bidang pendidikan dengan melakukan banyak pembenahan dan terus melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan serta tetap memperhatikan karakteristik, aspirasi dan kebutuhan masyarakat sehingga pendidikan mampu memberikan respon kontekstual sesuai dengan orientasi pembangunan daerah.

Pendidikan sangat erat kaitannya dengan perpustakaan sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan yang berperan penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menyediakan bahan bacaan bermutu yang dapat meperkaya cakrawala berfikir, mempertajam kemampuan intelektual sekaligus mampu meningkatkan kreativitas dalam melaksanakan berbagai kegiatan.

Menurut Bupati Kuningan, di bidang pariwisata, pada masa pandemi covid-19 sektor pariwisata Kabupaten Kuningan mengalami keterpurukan. Untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di masa pandemi ini, pemerintah mengembangkan faktor pendukung pariwisata lainnya.

“Salah satu cara untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di masa pandemi ini adalah dengan mengembangkan ekonomi kreatif daerah, dimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan produktivitas daerah menyerap tenaga kerja serta meningkatkan kekuatan produk unggulan daerah.” Ucapnya.

Di sisi lain, kebudayaan yang juga merupakan salah satu pendukung pariwisata terus berupaya untuk dilestarikan dengan memperkenalkan kebudayaan daerah ini kepada masyarakat khususnya generasi muda sehingga tumbuh kecintaan dan kepedulian mereka terhadap budaya daerah. “Kami ingin pariwisata ini menjadi andalan karena memlki cuaca yang cukup sejuk, kemudian dibidang kuliner ada jeniper, peuyeum dan sebagainya, termasuk dibidang kuliner lainnya, dan sekarang sedang dikembangkan markisa ungu.” Ujar Bupati Kuningan.

Terakhir, di bidang pemuda dan olahraga, pemerintah Kabupaten Kuningan juga terus melakukan upaya-upaya pengembangan keolahragaan di daerah dengan terus melakukan pembinaan yang sistematis, berjenjang dan berkelanjutan untuk meningkatkan prestasi olahraga para atlet daerah di ajang olahraga tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Dalam sambutan yang diberikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. Ir. Hetifah Sjaifudin, MMP, kunjungan kerja ini menjadi simbol untuk menunjukkan komitmen membantu Kuningan yang dipandang memiliki banyak sekali potensi, baik itu sumber daya manusia maupun potensi alam dan desa-desanya. Ia berharap antara DPR dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dapat selalu bersinergi.

“Kami di DPR dalam fungsi legislasi kami sudah mengusulkan 12 RUU prolegnas dan 2 untuk komisi 10 yang khusus, yaitu revisi undang-undang sistem keolahragaan nasional dan revisi undang-undang sisdiknas jadi hari ini masukan masukan tentu saja kita juga nanti sedang dalam proses.” Ujarnya.

Menurutnya, selain ada kebijakan Merdeka belajar, Kemendikbud dan DPR juga meninjau kurikulum. Ia berharap masyarakat dapat memberikan masukan terkait dengan pembelajaran jarak jauh.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI juga menyampaikan rasa bangganya terhadap pariwisata di Kabupaten Kuningan yang banyak memiliki produk-produk. Ia menyarankan untuk melakukan pemasaran secara online dan dikemas lebih unik lagi.

Terakhir, terkait dengan perpustakaan, Ia menyampaikan ketertarikan untuk mendengar lebih banyak dan bahkan jika ingin sekali beberapa tahapan ataupun perpustakaan daerah di Kabupaten Kuningan, tentu saja melalui data-data faktual, akan ditinjau dan kemudian akan menjadi bahan yang sangat penting untuk mengambil keputusan.

Usai acara di pendopo Bupati Kuningan bersama Komisi X DPR RI melakukan Kunjungan ke Fasilitas Olahraga dan Cabang Olahraga Unggulan di Kab.Kuningan yaitu ke Area Stadion Mashud Wisnu Saputra dan di lanjut ke destinasi wisata Sukageuri view kemudian Kunker ini di akhiri dengan mengunjungi Ekonomi Kreatif UKM di Kecamatan Cigugur tepatnya di Desa Cisantana yaitu Taman Markisa untuk melihat produk-produk unggulan dan mencicipi olahan markisa yang di buat oleh Sanggar Taruna Kreatif Karang Taruna Kabupaten Kuningan. (BID/IKP/DISKOMINFO)