Bupati Kuningan Tinjau Proses Pembangunan Pasar Baru Cilimus

Kategori: 

Keberadaan pasar menjadi sentra perdagangan yang diharapkan bisa membantu pengembangan ekonomi kerakyatan warga Kabupaten Kuningan khususnya di Kecamatan Cilimus. Permerintah Kabupaten Kuningan selalu berupaya agar ekonomi kerakyatan semakin berkembang dan maju.

Karena Kemajuan dan semakin meningkatnya perekonomian khususnya di Pasar Cilimus Barat maka akan di bangun Pasar Baru Cilimus berlokasi dekat dengan kantor Kecamatan Cilimus. Pasar Baru Cilimus ini di bangun untuk mengurai kepadatan para pengunjung pasar dan membuat para pedagang dan pembeli nyaman saat berbelanja. Dana pembangunan pasar ini sebesar 2,7 milyar yang anggaran nya dari pemerintah pusat.

Rabu, (21/10/2020) Bupati Kuningan Meninjau Lokasi Pembangunan Pasar Baru Cilimus. Menurutnya dengan pembangunan Pasar Baru Cilimus ini kepadatan di Pasar Cilimus Barat bisa terurai di karenakan di pasar tersebut merupakan jalur vital dimana jalan tersebut adalah akses jalan perlintasan Cirebon sampai ke Ciamis.

“Atas kesholehan Kepala Desa Cilimus dan BPD tempat ini (Eks Pasar Cilimus Lama) diizinkan kembali untuk di bangun pasar, apalagi sekarang akses yang sudah ditunjang dengan selesainya pembangunan Jalan Lingkar. Saya berharap dengan ini terbangun tahap pertama berupa Los yang terbuka untuk para pedagang-pedagang. Ke depan Nanti bisa dikelilingi oleh kios-kios sama pedagang. Mungkin kalau kios kan ada juga yang menjadi grosir dan lain sebagainya untuk menunjang pedagang-pedagang di los terbuka ini” Tutur Acep.

Harapan Bupati dengan pembangunan Pasar yang menjadi dua ini diharapkan cilimus sebagai Kecamatan pintu masuk Kuningan dari utara akan semakin hidup . Pembangunan Pasar ini Khususnya bagian atapnya akan di pasang dengan model sistem atap Dome/Hanggar atap yang besar sehingga tidak dimungkinkan lagi, tidak di harapkan lagi adanya misalnya kebocoran dimana mana, sehingga menjadi becek dan terkesan kumuh. Pasar ini juga dibuat sistem drainase yang baik dan sudah disiapkan untuk tempat pembuangan sampah sementaranya, Jelas Bupati.

Lanjut Bupati Ada total 146 Los di Pasar Baru Cilimus ini sedangkan untuk kios nya belum. Dikarenakan ini adalah tahap pertama dan untuk tahap keduanya akan di upayakan untuk dibangun kios-kios. “ kita ingin menempatkan pedagang-pedagang ini dengan satu syarat yaitu niat berdagangnya, kalau ada pedagang yang sudah tidak berniat berdagang lebih baik serahkan kembali dan nanti pasar ini akan dikelola oleh desa jadi tidak akan ada lagi jual beli kios, jual beli Los karena semua itu desa yang akan mengaturnya” Tegas Bupati. (Bid/Ikp/Diskominfo)