Bupati Kuningan, Wakil Bupati Kuningan, Dan Sekda Kabupaten Kuningan Menyalurkan Hak Suara Dalam Pemilu Serentak 2019

Kategori: 

Proses Demokrasi dalam Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 hari ini tanggal 17 April 2019 digelar sebagai puncak pesta demokrasi 5 tahunan tersebut dilaksanakan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden dan para anggota dewan DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama bersama Istri Hj. Ika Acep Purnama, menyalurkan hak suara dalam pemilihan umum (Pemilu), di TPS 01 Perumahan BTN Cigugur, Keluarahan/Kecamatan Cigugur, Rabu (17/4/2019). 

Seperti warga lainnya Acep maupun Ika, mendaftar serta duduk mengantri menunggu panggilan petugas untuk menyalurkan hak suara. Setelah selesai menyalurkan hak suara, Bupati Acep berharap proses pemungutan suara dan penghitungan suara berjalan aman dan lancar.

“Saya berharap sampai proses pemilu selesai hingga akhir penghitungan suara berjalan lancar, aman serta menghasilkan pemilu yang berkualitas dengan dibuktikan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi seperti halnya pada Pilkada yang lalu,” Ia menerangkan. Mungkin beberapa hari lalu berkompetisi, namun pada hari ini harus dalam keadaan suasana damai, tenang, bersenda-gurau, serta tidak ada ketegangan diantara warga.

Siapa pun yang terpilih diharapkan bisa menjadi wakil rakyat, baik sebagai presiden maupun anggota legislatif serta anggota DPD. Menyinggung soal tahapan pungut-hitung pada pemilu kali ini, Bupati Acep menilai proses pengamanan dan pemantauan lebih efektif dan efisien, karena dari PPS langsung dikirim ke PPK.

“Saya melihat tahapan penyerahan dari setiap TPS yang tidak ke PPS, namun langsung ke PPK, itu semakin menyederhanakan kita dalam mengawasi karena hanya 32 PPK. Saya jamin tidak akan ada kecurangan, sulit untuk orang berbuat curang,” jelasnya.

Jika terjadi hal kedaruratan di TPS, Bupati Acep telah merumuskan keputusan bersama pihak terkait, agar dapat mengambil langkah-langkah supaya pemungutan dan perhituang terus berlanjut, jika terjadi kedaruratan di TPS. “Saya telah mengeluarkan imbauan dan intruksi yang sudah kami rumuskan jadi sebuah kebijakan apabila ada kedaruratan. Apabila ada kedaruratan, stop dulu, lalu silahkan pindah ke tempat yang aman walaupun tempat itu adalah rumah milik warga,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda bersama istri Yoan Welansarie menggunakan hak pilihnya di TPS 02 di Kelurahan Winduhaji. Berangkat dari Rumah Dinas, dan sampai ke TPS sekitar pukul 09.30 WIB, untuk memilih calon anggota DPRD Kabupaten Kuningan, DPRD Jawa Barat, DPR RI, DPD, serta Capres/Cawapres.

Di tempat terpisah Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar. M.Si menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 25 yang berlokasi di SMK KORPRI Kuningan pada pukul 08.30 WIB. Sekda di dampingi Istri yang juga sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kuningan Ny. Ella Dian Yanuar.