Bupati Membuka Acara Pembinaan FKPAI (Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam)

Kategori: 

Bupati Kuningan membuka dan memberikan sambutan dalam Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS (FKPAI) Kabupaten Kuningan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Purnama, Selasa (29/09/2020). Hadir dalam acara ini Kabid Penais Zakat Wakaf (Kanwil Jabar), Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, Camat dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kuningan, Ketua MUI Kabupaten Kuningan, ketua beserta segenap jajaran Panitia Pembinaan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam.

Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Non PNS merupakan bagian dari stakeholder yang berperan dalam mewujudkan penciptaan SDM berbasis pendidikan islam. Keberadaan organisasi ini berkontribusi dalam membentuk masyarakat yang beriman dan bertaqwa, terutama dalam menyikapi berbagai macam informasi, baik di bidang teknologi, kemasyarakatan, dan sosial budaya.

Dalam sambutannya, Bupati Kuningan berharap semoga Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Non PNS dapat semakin meningkatkan peran sertanya pada era otonomi daerah yang sedang berjalan sekarang, khususnya dalam akselerasi pembangunan di bidang keagamaan, sebagai salah satu komponen indeks pembangunan manusia.

Selain itu, Beliau juga berharap FKPAI dapat menjadi corong pemerintah untuk selalu mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap mematuhi standar protokol kesehatan untuk menangkal perkembangan virus corona yang sedang melanda dunia dan membagikan pengetahuannya dalam pembinaan ini di antaranya Mengurangi Angka buta huruf Al Quran, memberi penyuluhan tentang keluarga sakinah, zakat dan wakaf, produk halal, kerukunan umat beragama, dan memberikan penyuluhan bahaya radikalisme serta bahaya Napza ( narkotika, psikotripika dan zat adiktif lainnya.

“Kita semua maklum, bahwa kualitas sumber daya manusia tidaklah akan meningkat dengan sendirinya tanpa adanya berbagai ikhtiar dan upaya dari semua pihak termasuk ikhtiar dan upaya para pengurus FKPAI yang eksistensinya dan kepeloporannya senantiasa dijadikan panutan oleh masyarakat.” ujar Bupati Kuningan.

Tugas Penyuluh Agama Islam saat ini dihadapkan pada suatu kondisi masyarakat yang berubah dengan cepat yang mengarah pada masyarakat fungsional, masyarakat teknologis, masyarakat teknologi dan sumber informasi. Dengan demikian setiap penyuluh agama Islam mesti secara terus menerus meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengembangan diri serta teknik dalam penyampaian ke masyarakat sehingga ada korelasi faktual terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat.

Oleh karena itu, FKPAI diharapkan dapat meneguhkan perannya sebagai wadah pembinaan dalam lingkup organisasi pendidikan, serta berupaya untuk meningkatkan kualitas program kegiatannya secara umum, yang terobosannya melalui pintu jalur pendidikan, seiring pula dengan pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi.(BID/IKP/DISKOMINFO)