Bupati Penyerahan Sertipikat PTSL di Desa Dukuhmaja

Kategori: 

Bupati Kuningan memberikan sambutan sekaligus Pembagian Sertipikat Secara Simbolis Program PTSL Tahun Anggaran 2019-2020 di Aula Bale Desa Dukuh Maja, Jum’at (13/11/2021)

Hadir dalam acara ini Camat Luragung Beni Prihayatno, Kepala Desa Dukuh Maja Rohaman, Kapolsek Luragung Iptu U Basuki, Ka BPN Hendi Saepudin, Danramil 1507/Luragung diwakili Babinsa Dukuh Maja Serka E Kuswara, dan Masyarakat penerima sertifikat masal.

Program PTSL ini merupakan salah satu program strategis nasional dan juga program nawa cita pemerintahan presiden Republik Indonesia. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali baik pendaftaran tanah pertama kali konversi/pengakuan/ penegasan hak ataupun pendaftaran tanah pertama kali pemberian hak yang dilakukan secara serentak yang meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum didaftar dalam suatu wilayah desa/kelurahan.

PTSL memiliki manfaat bagi pemerintah dan masyarakat. Manfaat PTSL bagi pemerintah adalah untuk perencanaan tata ruang wilayah berbasis bidang tanah. Sedangkan, bagi masyarakat adalah untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hak atas tanah agar terhindar dari konflik kepemilikan lahan, serta dapat juga dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi produktif, menopang pengutan permodalan usaha masyarakat dan menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri sedangkan manfaat bagi dunia usaha adalah sebagai salah satu kemudahan memperoleh akses informasi dan percepatan perizinan. Sejuta bidang tanah di RI ini wajib di sertifikatkan, karena dengan di sertifikatkan ini itu akan menjadi landasan dasar sah nya kepemilikan adtas sebidang tanah oleh seseorang. Program PTSL di Kecamatan Luragung sendiri dari Jumlah 16 Desa baru terlaksana di 13 Desa yang sudah mendapatkan program PTSL dan tinggal 3 Desa lagi yang akan ajukan kembali.

Dalam kesempatan ini Bupati Kuningan menyampaikan terima kasih kepada Presiden kita Bpk Ir H. Jokowidodo yang telah mencetuskan program PTSL ini. Walaupun sebelumnya sudah ada dengan program yang sama, tapi harus berterima kasih kepada beliau, dengan kinerja dan kegigihan beliau ini bisa terjadi, ini menunjukan bahwa Pemerintah bekerja dengan nyata, dan alat bukti kepemilikan tanah di buktikan dengan Sertifikat, bukan SPPT yang tiap tahun di bayarkan ini masyarakat harus paham dan mengerti. Serta persyaratan kepemilikan tanah ada yang kurang untuk hak asal usul tanah dapat di dikordinasikan untuk keluarkan oleh Kepala Desa itupun dengan atas dasar musyawarah.

“kabupten kuningan setiap tahun ditarget lima puluh ribu bidang. Hasil pemetaan kurang lebih di Dukuh Maja ada 3.200 bidang dan kemarin yang masuk program PTSL 2.590 baru selesai sekarang 2.094 . saya melihat disini program PTSL bisa berjalan dengan baik. Desa Dukuh Maja dari masyarakatnya dan lain sebagainya sudah pemikiran maju, karena program PTSL ini program yang mudah,murah dan sederhana. “ Ujar Bupati Kuningan

Di sela-sela sambutan nya bapak Bupati berpesan kepada kepala desa Dukuh Maja, untul membudidayakan rambutan rapiah, "karena saya di dukuh Maja ini dulu pernah di beri oleh pak Kuwu rambutan rapiah, saya berharap pak Kuwu bisa membudidayakan rambutan rapiah di desa Dukuh Maja ini" Keunikan rambutan rapiah ini adalah rambutnya yang tumbuh pendek-pendek, rasanya manis, daging buahnya tebal dan yang paling penting buahnya “ngelotok”. Rambutan rapiah memang sudah terkenal dari dulu, rasanya yang manis, daging buahnya tebal, kenyal dan “ngelotok” menjadikan buah rambutan rapiah sebagai salah satu rambutan unggulan. Warna buah rambutan rapiah hijau kekuningan, rambutnya tumbuh pendek-pendek serta jarang. Meskipun ukuranya lebih kecil dibandingkan jenis rambutan lainnya, rasanya yang nikmat membuat rambutan jenis ini selalu dicari.

Pada akhir Sambutannya Bupati menegaskan untuk jaga baik- baik sertifikat yang bapak/ ibu terima, karena itu merupakan bukti sah dan jaminan kepastian hukum hak atas tanah yang bapak/ ibu miliki serta pergunakan sertifikat tersebut sebaik baiknya untuk kepentingan yang bermanfaat untuk bapa/ ibu sekalian. (Bid/Ikp/Diskominfo)