Indonesian English

Bupati : Petugas Kesehatan Harus Siaga

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, mengharapkan peristiwa seluruh petugas kesehatan Puskesmas Kecamatan Karangkancana yang meninggalkan tugas saat jam kerja agar tidak terulang kembali. Hal itu disampaikannya saat melakukan Sidak ke UPTD Puskesmas Karangkancana sekaligus menanggapi keluhan pasien terkait terhambatnya karena pegawai meninggalkan waktu kerja sekitar 40 menit untuk menghadiri undangan hajat salah seorang pegawai Puskesmas tersebut.

Di hadapan seluruh jajaran pegawai Puskesmas Karangkancana ia menegaskan peristiwa tersebut telah menghambat pelayanan kesehatan masyarakat. Baik yang akan melakukan pemeriksaan maupun penanganan kaitan dengan nyawa seseorang.

“Bagaimanapun seluruh pegawai harus memiliki komitmen dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Sebagai pegawai yang ditugaskan di Puskesmas harus memiliki sikap siaga dalam memberikan penanganan kesehatan,”kata Bupati Acep. Bupati mengharapkan petugas kesehatan memiliki pemetaan setiap desa terkait dengan kondisi kesehatan masyarakat sehingga memudahkan penanganan.

“Kondisi kesehatan warga yang tidak bisa diprediksi sebenarnya bisa ditangani. Asalkan masyarakat ada keinginan untuk melakukan pemeriksaan sehingga fungsi Puskesmas bukan hanya menangani warga yang sakit namun jauh lebih baik melakukan pemeriksaan,” paparnya.

Kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar meningkatkan profesionalisme, memiliki wawasan dan pengetahuan luas, melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab dan berintegritas tinggi, melaksanakan tugas dengan cermat dan disiplin, melayani dengan sikap hormat, sopan dan tanpa tekanan dan melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Sebagai bentuk komitmen untuk tidak mengulangi kesalahan serupa. Seluruh jajaran UPTD Puskesmas Karangkencana melakukan sikap siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal itu disaksikan Bupati Kuningan dan Kepala Dinas Kesehatan. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)