Indonesian English

Bupati Pimpin Hari Apel Kesadaran Nasional

Apel Kesadaran yang biasa di laksanakan pada tiap tanggal 17 di pimpin langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.MH  yang di hadiri oleh Wakil Bupati Kuningan, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala SKPD, Pejabat eselon III dan IV  Di lingkungan pemerintahan Kabupaten Kuningan.

Bupati pun menyampaikan sambutannya, dalam kesempatan upacara ini saya ingin menyampaikan beberapa infoemasi terkait Aparatur Sipil Negara, yaitu dalam waktu dekat pemerintah akan segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) yang akan mengatur kebijakan manajemenASN. PP yang akan diterbitkan merupakan materi untuk menjalankan UU No.5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.Tetapi akan di lakukan kajian lebih lanjut dalam pelaksanaannya, apabila PP tersebut kompatibel dalam implementasi kebijakan manajemen ASN  maka revisi UU ASN tentatif dilakukan.

Dalam waktu dekat Pemerintah akan menerbitkan 11 PP yang berisi aturan kebijakan terkait ASN, dalam PP tersebut mengatur tentang manajemen ASN baik itu untuk aparatur  yang memiliki status Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pun yang akan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), berdasarkan data Kemenpan RB per Januari 2017 ASN di Indonesia masih didominasi oleh Jabatan Fungsional Guru yaitu sebanyak 37,43%  dan jabatan fungsional umum administrasi sebesar 37,68% dari total 4.475.997 ASN yang masih Aktif.

Sementara itu berdasarkan data BKPSDM Kabupaten Kuningan per Januari 2017, jumlah ASN yang berada di Kabupaten Kuningan sekitar 12.500 orang, dari jumlah sebanyak itu ASN Kabupaten Kuningan masih sangat kekurangan Aparatur yang memiliki kemampuan dan keahlian spesifik tertentu salah satunya tenaga Apoteker. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkankapasitas ASN yang memiliki kualitas dan kualifikasi guna menunjang tata kelola Pemerintah Akuntabel.

Pemerintah pusat telah menunjukan keseriusan dalam penyelesaian tenaga honorer hingga saat ini pengangkatan PNS masih didominasi ASN yang berasal dari tenaga honorer, dari    total 1,8 juta ASN yang di angkat sebagai PNS selama kurunwaktu 2005-2009, 58,8% berasal dari tenaga honorer, sedangkan 42,2% merupakan pelamar umum yang terseleksi sesuai kebutuhan, ungkapnya.

Mengakhiri  sambutannya Bupati Kuningan mengajak kepada seluruh peserta apel yang ada di Kabupaten Kuningan untuk menjaga lingkungan supaya tidak terjadi banjir seperti yang telah terjadi di kecamatan Cilimus dan kecamatan Pancalang mengingat curah hujan cukup tinggi yang terjadi di Kabupaten Kuningan ini. ***IP ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan )

Diposting oleh: 
Seksi Pemberdayaan dan Penyajian Informasi Dinas KOMINFO Kabupaten Kuningan, Luki Sugianto