Bupati Serahkan Sarana Dan Prasana Pertanian

Bupati Kuningan menyerahkan bantuan alat mesin (sarana dan prasarana) pertanian kepada Kelompok Tani di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan pada hari Selasa (22/1/2019).

Penyerahan bantuan dilaksanakan selepas kegiatan apel pagi yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pelaksana Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan dan kelompok Tani penerima bantuan.

Bantuan yang diserahkan terdiri dari pompa air, hand sprayer, alat tanam jagung dan motor roda tiga, dalam kesempatan tersebut diserahkan juga sertifikat budidaya padi organik kepada kelompok tani.

Bantuan mesin diberikan dalam upaya mendukung program nasional peningkatan produktifitas PAJALE (padi, jagung, kedelai), selain itu bantuan juga diberikan guna menunjang majunya pertanian di Kabupaten Kuningan. 

Bupati berharap pemberian bantuan tersebut dapat memudahkan para petani dalam melaksanakan usaha taninya dengan lancar dan cepat, terutama proses budidaya / percepatan tanam serta pengendalian orgasme pengganggu tanaman (OPT).

Selain itu dia juga meminta semua stakeholders Dinas Pertanian untuk dapat secara pro aktif memberikan pengawasan, membantu kontrol pemanfaatan atas bantuan tersebut.

“Saya berharap tidak hanya petugas lapangan saja yang mengontrol pemanfaatan bantuan ini, tetapi semua elemen pada dinas pertanian. Selain itu juga harus membantu terciptanya peningkatan produksi. Lalu melakukan kontrol atas pemanfaatan bantuan harus dapat dipastikan bahwa fungsinya dilaksanakan dengan baik.” jelas Bupati.

Lebih lanjut Acep mengatakan, “Untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan panen akibat kekeringan maupun serangan hama OPT, saya minta kepada Kelompok Tani yang mendapat bantuan ini dapat ikut Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)".

Kegiatan dilanjut dengan Rapat Koordinasi yang diikuti oleh Bupati dan seluruh pegawai Dinas Pertanian bertempat di aula Dinas Pertanian. Rapat koordinasi dilaksanakan dengan maksud untuk progress report program-program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Dinas tersebut. 

Selain itu Rakor ditujukan untuk menggali potensi mulai dari peningkatan Sumber Daya Manusia yang profesional dalam melaksanakan implementasi tugas dan fungsi pada Dinas Pertanian dalam visi Kuningan MAJU (ma’mur, agamis, pinunjul) Berbasis Desa.

Dalam rakor tersebut Acep juga menghimbau para pegawai dituntut terus melakukan inovasi dalam upaya memajukan Kuningan sebagai Kabupaten Agropolitan.