Bupati Tinjau Pembangunan Program Desa Peradaban

Program Desa Mandiri dalam Perwujudan Desa Peradaban yang digulirkan Gubernur Jawa Barat untuk Kabupaten Kuningan yang diberikan untuk tujuh desa pada Bulan Nepember 2010, kegiatannya sudah mulai dilakukan bahkan sudah mulai rampung, Kamis (27/1) Bupati Kuningan meninjau langsung pelaksanaan kegiatan program ini, salah satunya ke Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan dan Desa Setia Negara Kec. Cilimus.

Sementara, tujuh desa di Kabupaten Kuningan yang memperoleh alokasi Program Desa Mandiri dalam Perwujudan Desa Peradaban, diantaranya Desa Kaduela, Desa Setianegara, Desa Panawuan, Desa Gresik, Desa Luragung Landeuh, Desa Darma, dan Desa Cipondok Cibingbin. Untuk masing-masing desa mendapatkan alokasi sebesar 1 Miliar.

Saat meninjau pembangunan Jalan Cicerem di Desa Kaduela, Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, menyatakan, program ini merupakan upaya dalam menciptakan dan meningkatkan kapasitas pemerintahan desa dan masyarakat dalam memecahkan persoalan yang berkenaan dengan peningkatan kualitas hidup, kemandirian yang dinamis dan kesehjahteraan masyarakat.

“Untuk mewujudkannya Desa Mandiri dalam Perwujudan Desa Peradaban, diperlukan peningkatan kinerja pemerintahan desa dan pastisipasi masyarakat dalam pembangunannya, sehingga diperlukan keterlibatan besar dari pemerintah desa dan masyarakat agar program desa membangun dapat mencapai sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya di lokasi pembangunan Bumi Perkemahan dan Rekreasi Desa Kaduela.

Bupati Kuningan juga menegaskan, agar pelaporan dan administarsi keuangannya dapat dikerjakan dengan baik sesuai juklak dan juknisnya, untuk dijadikan bahan evaluasi dan laporan ke Gubenur.

Kaitan dengan anggaran 1 Miliar yang diberikan melalui program ini, Kepala Desa Kaduela menyebutkan, bahwa pengalokasian dana tersebut, yang pada bidang infrastruktur, meliputi pemabangunan Kantor Kepala Desa, pembangunan Poskesdes, senderan jalan, pembangunan Madrasah Diniyah Al Hidayah, pembangunan gang, jembatan, senderan saluran Cicerem dan lainnya. Disamping itu, diperuntukan juga pada bidang perguliran yang berupa pada bantuan pinjaman modal usaha, dan dipergunakan untuk biaya operasional.

Dari 14 pembangunan prioritas kegiatan, ada 2 pembangunan yang belum rampung, yaitu Poskesdes dan Posyandu, dan pembangunan Kantor Kepala Desa, namun hal itu dikatakan Kepala Desa Kaduela akan dirampungkan. Dia juga menyampaikan terimakasih baik pada pemerintah propinsi maupun pemerintah daerah yang telah menggulirkan program kedesa ini, karena sangat dirasakan sekali manfaatnya untuk kemajuan desa.

Dalam kunjungannya ini Bupati Kuningan didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Drs. Kamil Ganda Permadi, MM., Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Dinas Cipta Karya, Kepala Inspektorat, Camat Pasawahan. Turut hadir juga Dandim 0615 Kuningan, dari PDAU dan lainnya. (N).
(Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)