Indonesian English

Dede Sembada : Gerakan Menanam Pohon Merupakan Bentuk Komitmen Kabupaten Konservasi

Kategori: 

Meskipun roda pemerintahan di Kabupaten Kuningan terus bergulir mengalami pergantian, namun komitmen Kuningan sebagai kabupaten konservasi sepertinya sudah tidak bisa ditawar lagi.

Sejak masa kepemimpinan H.Aang Hamid Suganda, berbagai bentuk komitmen tersebut dikemas oleh Pemkab Kuningan dengan bebagai program penghijauan, seperti Pengantin Peduli Lingkungan (Pepeling), Aparatur Peduli Lingkungan (Apel), Siwa Baru Pedili Lingkungan (Seruling) serta berbagai program lainnya yang terus dipertahankan hingga kini di masa kepemimpinan H.Acep Purnama dan Dede Sembada.

Salah satu bentuk kepedulian Pemkab Kuningan terhadap pelestarian lingkungan terutama hutan, baru-baru ini Wakil Bupati Kuningan Dede sembada, melakukan gerakan penanaman pohon di desa Singkup Kecamatan Pasawahan, Jum'at (17/2/2017). Kegiatan yang dipusatkan dilapangan Sepak Bola Desa Singkup tersebut, dihadiri Camat Pasawahan Eko Yuyud Mahaendra, Dirut PDAM Kota Cirebon, Danramil dan Kapolsek Paswahan, para Kepala Desa Se-Kecamatan Pasawahan,   Organisasi Kemasyarakatan, PKK, Muslimat NU Paswahan serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada mengemukakan, Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi memilki kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelestarian alam. karena menurut Dede, alam merupakan salah satu sumber yang dapat memberikan kehidupan kepada manusia terutama airnya.

"Gunung Ciremai yang berada di Kabupaten Kuningan, merupakan anugerah dari Tuhan yang harus terus kita jaga, karena telah memberikan sumber air yang melimpah seperti di Pasawahan ini, yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan air minum, pengairan bagi pertanian serta wisata," tuturnya.

Selain mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Pasawahan, dikatakan Wabup, Air dari Gunung Ciremai juga telah memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

"Kabupaten Kuningan yang merupakan kabupaten penyangga lingkungan bagi kabupaten atau kota disekitarnya manfaatnya sudah dirasakan, salah satunya Kota Cirebon yang telah memanfaatkan sumber air di Pasawahan ini untuk kebutuhan sehari-hari," kata nya.

Untuk itu Dede Sembada meminta, agar gerakan penanaman pohon harus terus dilakukan di Kabupaten Kuningan demi menjaga kelestarian alam.

Dalam Kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kuningan secara simbolis melakukan penanaman pohon didampingi sejumlah undangan. adapun pohon yang akan ditanam sebanyak 3000 batang terdiri dari jenis sukun dan kulur yang merupakan sumbangan dari PDAM Kota Cirebon. (Yudi/MC Kuningan)