Indonesian English

Desain Hunian Sementara Korban Bencana Dibuat Bersama Masyarakat

Kategori: 

Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (DPPP) Kabupaten Kuningan rencananya akan membuat rancangan (desain) hunian sementara (Huntara) bersama masyarakat khususnya bagi korban bencana alam pergerakan tanah di Dusun Cipari, Desa Margacina, Kecamatan Ciwaru.

Berdasarkan data laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, sebanyak 60 kepala keluarga warga Dusun Cipari yang terdampak bencana alam pergerakan tanah akan dibuatkan hunian sementara ukuran 6 x 6 meter. “Rancangan hunian sementara dilakukan oleh Dinas Permukiman Perumahan dan Pertananhan Kabupaten Kuningan bersama masyarakat,” kata Kepala BPBD kabupaten Kuningan, Agus Mauludin dalam rilis yang diterima Humas Setda Kabupaten Kuningan, Sabtu (10/3/2018).

Dampak bencana alam di Dusun Cipari, Desa Margacina yang terjadi pada tangal 21 Pebruari 2018 telah menyebabakan 665 jiwa atau 167 kepala keluarga warga Dusun Cipari harus mengungsi. Kini masih ada satu keluarga yang masih berada di tempat pengungsian Desa Kaduagung. Sebagian besar mereka sudah pindah ke rumah saudaranya di Desa Kaduagung. Sementara, dapur umum sudah tidak difungsikan Untuk kebutuhan bahan pokok penyintas dibagikan langsung ke masing-masing tempat tinggalnya dari Pos Balai Desa Kaduagung. Kesehatan dari Puskesmas masih melayani kebutuhan penyintas. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)