Diskominfo Kabupaten Kuningan Gelar Sosialisasi "Kuningan Satu Data"

KUNINGAN,- Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar sosialisasi statistik sektoral "Kuningan Satu Data" di Aula Rapat dinas setempat, Kamis (24/9/2020). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPS Kuningan, perwakilan dari instansi vertikal yang ada di Kabupaten Kuningan, sejumlah lembaga daerah, seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Kuningan, serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Kab.Kuningan, Ahmad Setiawan, SE menyampaikan, maksud dilaksanaknnya kegiatan tersebut ialah memberikan pemahaman kepada SKPD dan seluruh lembaga daerah sebagai produsen data sektoral tentang pengelolaan penyelenggaraan statistik sektoral. Karena menurutnya, Data Statistik sangat penting bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Kuningan.

"Adapun tujuan kegiatan ini (red_Kuningan Satu Data) adalah untuk menguatkan pemahaman tentang statistik, tersedianya data yang cepat, akuntable, dan lebih update, serta sebagai wahana dalam meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan seluruh SKPD," ungkapnya.

Sementara, Plt. Kadis Kominfo Kab.Kuningan, Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Diskominfo sebagai Wali Data dan Badan Pusat Statistik sebagai Pembina dan penyedia official statistics harus dapat memberikan data yang betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodologi yang sudah baku. Hal tersebut, sambungnya, sesuai dengan standard internasional untuk menunjukkan kondisi yang sebenarnya agar tujuan pembangunan dapat tercapai.

"Dengan adanya perubahan paradigma, kalau dulu informasi itu milik pemerintah, tapi sekarang informasi juga harus diketahui oleh masyarakat. Oleh karena itu, peranan statistik semakin strategis seiring dengan era digitalisasi dan keterbukaan informasi publik," tuturnya.

Melihat hal tersebut, Dadi meminta, SKPD dan lembaga terkait sebagai penyaji/produsen data dapat menyampaikan kepada Diskominfo, yang dalam hal ini sebagai walidata, sehingga dapat terwujudnya Forum Satu Data di Kabupaten Kuningan. Selanjutnya, kata Dadi, Diskominfo juga sebagai wadah komunikasi koordinasi kegiatan statistik dapat menumbuhkan sinergitas antara BPS dan dinas lainnya dalam menyediakan data bagi pemerintah maupun masyarakat.

"Dengan demikian diharapkan kepada seluruh perwakilan SKPD dan lembaga terkait agar dapat menyelenggarakan statistik sektoral sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan baik dan akurat dan dapat menghasilkan data informasi publik yang akan dipublikasikan serta dijadikan dasar untuk menentukan kebijakan pemerintah," pungkasnya. Usai memberikan sambutan, Kepala Diskominfo selanjutnya membuka secara resmi kegiatan Soialisasi "Kuningan Satu Data".

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala BPS Kuningan, Ir. Asep Arifin Mansur, M. Stat selaku narasumber dalam kegiatan tersebut. (Bid/IKP/Diskominfo)