Disnakertrans Kabupaten Kuningan Gelar Sosialisasi Peluang Kerja

Kategori: 

Disnakertrans Kabupaten Kuningan Gelar Sosialisasi Pekuang Kerja

CILIMUS, - Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan Sosialisasi Peluang Kerja ke Luar Negeri melalui program pemagangan ke Jepang dan menjalin kerjasama dengan Sending Organization LPK Yuuki Training Center Indonesia, bertempat di Grage Hotel Kuningan, Jum'at (13/03/2020).

Dalam Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH ., MH,  Kadisnakertran Kab. Kuningan. Drs. H. Sadudin, M. Si, Direktur AO Koyeki Shadan Houjin Trading Care Jepang Junko Nimmi, Pembina LPK Kab. Kuningan It. H. Jajat Sudrajat, M. Si, Perwakilan Kecamatan se-Kab. Kuningan, para Kepala Desa se-Kab. Kuningan, Dan Kelurahan se-Kab. Kuningan.

Kegiatan  sosialisasi rekrutmen magang ke Jepang ini dilaksanakan agar pencari kerja yang ada di desa dapat memahami proses rekrutmen secara utuh. Supaya peserta magang mempersiapkan, dari segi bahasa, kedisiplinan dan kesehatan sebab inilah yang terpenting.

Sosialisasi  Ini memang harus dilakukan untuk calon magang. Hal itu merujuk pada Permenakertrans RI. No. PER. 08/ MEN/ V/ 2008. tentang tata cara penyelenggara pemagangan diluar negeri. Maka diadakanlah kegiatan sosialisasi magang ke Jepang ini. Nantinya melalui proses kerja bersama-sama orang jepang.

Bupati Kuningan dalam sambutannya ketika menghadiri kegiatan sosialisasi ini mengatakan, kegiatan ini menjadi sebuah ruang dengan Peluang untuk mendapatkan pekerjaan . Bupati mengucapkan terima kasih kepada pihak Jepang atas Peluang dan kerjasama yang kini terjalin, yang telah membuka ruang kesempatan kerja kepada masyarakat Kabupaten Kuningan.

Kedepan Bupati berharap, Kita bisa menjadi expansi teknologi. Dan Bupati sangat mengapresiasi bentuk kegiatan ini, "kegiatan ini legal,  formal dan  tidak asal asalan, berpikir positif serta  tanamkan kepercayaan. Dan kegiatan ini akan dipandu terua oleh Pemerintah Daerah Kab. Kuningan.

Seperti yang Kita ketahui bersama, bahwa Pemkab Kuningan mengatakan sebagai Kabupaten Konservasi, karena itu di Kuningan tidak ada pabrik seperti dikota Besar di Indonesia dan masih sempitnya lapangan pekerjaan. Sebagai Kabupaten Konservasi, maka tidak ada industri , kalaupun ada industri berdiri harus yang ramah lingkungan atau berwawasan lingkungan.

Dan melalui LPK  Ini bisa menjadi peluang memperkerjakan masyarakat. Dan harus menguasai teknologi, karena Jepang merupakan Negara dengan  teknologi yang luar biasa. Kerjasama yang baik untuk sesuatu yg bermanfaat. Diharapkan setelah terampil mahir bekerja disana (Jepang), lanjutkan dan terapkan di Indonesia khususnya di Kabupaten Kuningan." ucap Bupati

Kepada masyarakat yang akan magang kerja di Jepang,  Bupati mengatakan " jangan pesimis dan harus bisa beradaptasi dengan lingkungan, tunduk dan taat pada aturan atau Hukum Negara setempat. Dan harus  punya kemapuan dengan teknologi, kemudia  dapat berkomunikasi dengan lancar yaitu menguasai bahasa Negara setempat. Yakinkan masyarakat bahwa ada kesempatan,  jika ada yg ingin bekerja ke luar Negeri" tandas Bupati kepada pserta sosialisasi.

Diakhir sambutannya Bupati berpesan,  agar Dinas terkait terus memantau tenaga kerja yg bekerja ke jepang atau yang ke luar Negeri. "Mudah mudahan kegiatan sprti ini dapat memberikan manfaat, guna mengurangi pengangguran dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kuningan" pungkas Bupati. (Bid IKP/DISKOMINFO)