Gubernur Jabar, Minta Kinerja Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota Jangan Kendur

Kategori: 

KUNINGAN,- Meski tingginya angka kesembuhan pasien Covid-19 yang ditandai dengan menurunnya kurva Covid-19 di Jawa Barat, namun Gubernur Ridwan Kamil tetap meminta kinerja Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat jangan kendur.

“Covid-19 ini masih lama, butuh stamina tinggi. Saat ini kasus impor mengancam Jabar, terus tingkatkan kewaspadaan, penanggulangan dan penanganan, jangan kendur,” imbuh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam rapat virtual evaluasi level kewaspadaan bersama gugus tugas se-Jabar yang digelar Jumat (3/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Emil (red_sapaan akrab Ridwan Kamil) mengemukakan, pihaknya juga masih tetap melakukan masif test. Untuk dua minggu kedepan, Pemprov Jabar akan fokus ke wilayah industri. Hal tersebut karena terjadinya kasus baru yang mengemuka di Unilever Bekasi.

Untuk itu Emil meminta kepada setiap kepala daerah di Jabar untuk setiap industri besar melakukan test PCR secara mandiri kepada karyawan perusahaan tersebut secara random. “Minimal 10 persen dari karyawannya secara acak, untuk memastikan tidak ada lagi anomali-anomali lain,” ujarnya.

Dalam hal penanggulangan dan penanganan Covid-19 di Jawa Barat, Emil mengatakan perlu adanya kerjasama seluruh Kabupaten/Kota terutama diwilayah perbatasan.

“Perlu adanya kerjasama antar daerah, perkuat kekompakan tim gugus tugas di Kabupaten/Kota masing-masing. Bagi gugus tugas yang masih rendah dalam penanganan akan terus kami berikan pembinaan, karena gugus tugas yang baik harus bisa menjalankan 6 tugas dan fungsi. Diantaranya, pencegaha, deteksi, manajemen fasilitas kesehatan, jaring pengaman sosial, operasi lapangan dan penegakan aturan, serta tata kelola dan kelembagaan,” tuturnya.

Lebih lanjut Gubernur Jawa Barat mengemukakan, berdasarkan hasil evaluasi Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Barat, kategori kinerja Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung mendapat peringkat pertama atas gencarnya upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Untuk kinerja pendeteksian penyebaran Covid-19, Kota Bandung juga masih terbaik di Jawa Barat. Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung juga dinilai yang terbaik untuk kinerja operasi lapangan dan penegakan aturan selama PSBB ataupun AKB.

Rapat virtual yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat itu, dimulai sejak Pukul 9.30 WIB hingga Pukul 11.00 WIB. Tim Gugus Tugas Kabupaten Kuningan sendiri, mengikuti rapat tersebut di Ruang Rapat Linggajati. Turut hadir, Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridhos Suganda, SH., M.Si, Sekretaris Daerah, DR.H Dian Rachmat Yanuar, M.Si berta unsur Forkopimda, para Asisten dan Kabag dilingkup Setda Kuningan, Kepala Dinas Kesehatan, Kadis Kominfo, Direktur RSUD 45, Kepala Pelaksana BPBD, serta sejumlah undangan lainnya. (Bid IKP/Diskominfo)