Hadiri Pelantikan Karang Taruna Tunas Mayana, Wabup Minta Pengurus Terjun Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Kategori: 

KADUGEDE,- Karang Taruna merupakan Organisasi Sosial yang menjadi garda depan pemuda dalam ikut membangun dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si saat menghadiri pelantikan Pengurus Karang Taruna Tunas Mayana Desa Ciketak, Kecamatan Kadugede, Periode 2020-2025, Sabtu (26/9/2020) di aula kantor desa setempat.

“Karang taruna harus terjun untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang melanda,” imbuh Wabup.

Wabup juga meminta Pengurus Karang Taruna Tunas Mayana yang baru dilantik, agar dapat memanfaatkan peran dan kesempatan dalam berproses serta terjun langsung membantu pemerintahan desa dalam kegiatan sosial di masyarakat.

“Kehadiran Karang Taruna Tunas Mayana harus mampu memberikan sumbangsih kepada pemerintah desa untuk lebih jeli melihat situasi dan kondisi masyarakat. Karena fungsi karang taruna adalah membantu pemerintah dalam menjalankan program-program pembangunan terutama dalam mengentaskan kesenjangan sosial di masyarakat,” tuturnya.

Sebagai wadah para pemuda, Wabup berharap, karang taruna terus menggali potensi dan terus melakukan inovasi untuk kemajuan wilayahnya masing-masing. “Terus berinovasi, anak muda jangan takut salah, karena dari kesalahan itu kita dapat belajar. Bantu Pak Kuwu menjalankan program-programnya. Karang taruna harus menjadi mitra pemerintah yang baik bukan menjadi pesaing,” pungkasnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Tunas Mayana terpilih, Adi Usmara, S.Pd dalam kesempatan tersebut mengatakan, ia bersama seluruh pengurus akan berusaha menjalankan tugas dan fungsinya dengan optimal, agar organisasi yang dipimpinnya lebih baik lagi di masa mendatang.

“Kami akan konsolidasi internal dengan melibatkan semua pengurus dan pemuda potensial untuk sama-sama membesarkan Karang Taruna Tunas Mayana Desa Ciketak. Insya Allah, amanah sebagai Ketua Karang Taruna akan saya jalankan dengan baik,” tandasnya.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, Sekmat Kadugede, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan beserta sejumlah pengurus, Ketua KNPI, Kades Ciketak beserta jajaran, lembaga desa serta sejumlah undangan lainnya. (Bid IKP/Diskominfo)