Himbauan Menyemarakan Kegiatan Bulan Ramadhan 1440H/2019M

Kategori: 

Sama seperti tahun sebelumnya, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Bupati Kuningan kembali mengintruksikan kepada seluruh warganya melalui Kepala Dinas/Badan/Lembaga/Kantor/BUMN/BUMD serta Camat se-Kabupaten Kuningan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bernuansa keagamaan. Hal ini sejalan dengan Visi Kuningan yang “agamis” yakni mewujudkan masyarakat Kuningan nu sajati dalam kehidupan beragama dan bernegara dalam bingkai kebangsaan dan kebhinekaan.

Dalam surat edaran Nomor 400/1381/ Kesra Tanggal 02 Mei 2019 Tentang Semarak Kegiatan Bulan Ramadhan 1440 H/2019M. Bupati menyerukan untuk menghormati datangnya bulan Ramadhan, baik yang Muslim maupun Non Muslim, terkhusus kepada masyarakat Muslim Bupati meminta agar dapat mengisi kegiatan dengan memperbanyak amaliyah dan berlomba dalam kebaikan.

Bupati juga meminta perhatian kepada seluruh warga masyarakat untuk menciptakan suasana aman dan tentram. Selanjutnya meminta juga kepada seluruh warga masyarakat untuk menghormati orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa, dengan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu kekhusyuan ibadah puasa. Kemudian dilarang berjualan dan membunyikan petasan, penutupan sementara diwaktu siang bagi warung makanan/restoran dan dapat buka pada sore hari menjelang buka puasa hingga waktu sahur. Bagi pengusaha kafe, Bupati juga memerintahkan untuk tidak beroperasi mulai H-1 bulan puasa dan diperbolehkan untuk kembali membuka usahanya pada H+2 hari Raya Idul Fitri. 

Guna memakmurkan Masjid dan Mushola, seluruh pengurus DKM. DKL diperintahkan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka Semarak Bulan Ramadhan. Begitu pula bagi seluruh lembaga pendidikan, mulai dari tingkat SD, SLTP, SLTA/sederajat serta lembaga pendidikan keagamaan diharapkan melakukan memperbanyak kegiatan yang bersifat keagamaan, seperti pesantren kilat dan lainnya. Sementara kepada UPZ, Bupati memerintahkan agar dapat mengoptimalkan peningkatan penerimaan zakat fitrah dan zakat mal.

Perubahan Jam Kerja untuk ASN dan BUMD selama Ramadhan 1440 H.

Selanjutnya menindaklanjuti Surat Edaran Menteri PAN dan RB RI Nomor 394 Tahun 2019 tentang Penetapan Jam Kerja Pada Bulan Ramadhan 1440 H/2019, Pemerintah Kabupaten Kuningan menerbitkan pula surat edaran Nomor 800/1380/ORG&PA tertanggal 30 April 2019 tentang Penetapan Hari dan Jam Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Selama Bulan Ramadhan Tahun 1440 H/2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Dalam surat edaran tersebut diatur jam kerja untuk dua kategori yakni hari dan jam kerja bagi lingkungan Pemkab Kuningan yang sudah ditetapkan 5 (lima) hari Kerja diatur bahwa para pegawai masuk mulai pukul 07.30 WIB dan apel sore pukul 14.30 WIB, kecuali hari Jumat para pegawai pulang pukul 15.00 WIB.

Sementara kategori kedua berlaku bagi 4 (empat) SKPD yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, RSUD 45 dan Rumah Sakit Linggarjati yang melaksanakan hari dan jam kerja khusus 6 (enam) hari kerja non shift. Untuk 4 (empat) SKPD tersebut pengaturan jam kerja selama Ramadhan 1440 H yakni Hari Senin sampai Kamis masuk kerja mulai pukul 07.30 WIB dan apel sore pukul 13.30 WIB. Kecuali hari Jumat untuk 4 SKPD ini apel siang (pulang) dilaksanakan pada pukul 12.45 WIB.

Bupati juga mengintruksikan dalam surat tersebut, bahwa untuk tidak menghambat pelayanan kepada masyarakat, bagi SKPD yang memberlakukan 6 (enam) hari kerja melaksanakan istirahat secara bergiliran, dengan maksud agar tidak mengambat dalam pelayanan kepada masyarakat. Selanjutnya diperintahkan pula kepada Kepala SKPD, Camat, Lurah dan Pimpinan BUMD bahwa setiap hati Jumat setelah melaksanakan apel pagi wajib untuk melaksanakan kegiatan keagamaan seperti yasinan, kajian-kajian Al-Qur’an dan sebagainya yang diikuti oleh seluruh pegawai.