HKN ke-55, Generasi Sehat Indonesia Unggul, Siap Membangun Negeri

Kategori: 

Semangat melayani, semangat menggerakan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan dalam sambutannya yang dibacakan H. Acep purnama, SH., MH pada Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Kamis (12/11) di halaman Setda Kabupaten Kuningan. HKN ke 55 ini mengambil tema Generasi sehat Indonesia Unggul, Siap membangun Negeri.

Menteri Kesehatan RI dalam sambutannya, menyampaikan, program Indonesia Sehat, sebagai salah satu program prioritas Kementrian Kesehatan selama 5 tahun ke depan, adalah program penguatan pelayanan kesehatan primer yang fokus pada upaya promotif, preventif, dengan berbasis pada tim.

"Tujuan utama program Indonesia sehat adalah mewujudkan layanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyrakat, terutama oleh mereka yang berada di wilayah-wilayah terpencil di berbagai pelosok nusantara, program tersebut merupakan program lintas kementerian kesehatan dengan target pelaksanaan adalah puskesmas yang berlokasi di Daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK) di 48 kabupeten di Indoensia," katanya.

Menteri Kesehatan mengatakan, peringatan HKN ke 55 merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Dalam upacara peringatan ini, diserahkan juga piagam penghargaan, trophy dan hadiah bagi tenaga kesehatan teladan puskesmas tingkat kabupaten Kuningan.

Hadir Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, Forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Para kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan serta para pegawagai lingkup Setda.