Indonesian English

Ini Kondisi Mutakhir Di Beberapa Daerah Terdampak Bencana

Kategori: 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan mencatat data mutakhir kondisi di beberapa daerah terdampak bencana di Kabupaten Kuningan yang hingga Jumat 30 Maret 2018 banyak mengalami perkembangan berarti dalam menyelesaikan permasalahan dampak bencana.
 
Seperti perkembangan pembangunan rumah hunian sementrara (Huntara) yang sudah dimulai di beberapa lokasi wilayah Karangkancana, Ciniru serta Kecamatan Maleber. Begitu pula kondisi untuk warga yang terdampak bencana masih mencukupi hingga beberapa hari kedepan. Di Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana kini pembukaan akses jalan alternatif sudah mencapai 100 persen serta pengerjaan jembatan Cirombeng masih berlangsung.
 
Sementara ratusan pengungsi warga Desa Cipakem masih bertahan di tempat pengungsian. Kebutuhan logistik masih mencukupi untuk 9 hari kedepan. Akses jalan Desa Situgede Kecamatan Subang, kini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.
Sementara itu melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (DPRPP) Kabupaten Kuningan kini sedang membangun puluhan unit hunian sementara (Huntara) khususnya untuk warga Dusun Cipari Desa Margacina, Kecamatan Karangkancana yang terdampak bencana pergerakan tanah. Hunian sementara yang dibangun itu berdasarkan rencana awal akan dibangun sebanyak 60 unit dengan ukuran 6 x 6 meter yang berlokasi di Desa Kaduagung, Kecamatan Karangkancana.
 
Kini bangunan huntara itu sudah ada yang berdiri serta terkesan seperti rumah biasa. Meski menggunakan bahan bangunan yang sederhana namun layak untuk dihuni serta bisa digunakan beberaoa tahun kedepan. Dengan memakai pondasi batu mirip rumah panggung, namun huntara itu terkesan rapih serta indah dipandang mata.
 
Sementara akses jalan di daerah terdampak bencana lainnya seperti Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana dan Desa Cipakem Kecamatan Maleber masih dalam proses penyelesaian. Akses jalan alternatif Desa Jabranti telah selesai 100 persen, namun masih menunggu pembuatan jembatan darurat yang meghubungkan Dusun Banjaran-Desa Jabranti tepatnya di blok sungai Cirombeng. Di daerah terdapak bencana Desa Cipakem Kecamatan Maleber, ratusan warga masih mengungsi, menunggu selesainya pembangunan hunian sementara di Desa/Kecamatan Ciniru(Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)