Indonesian English

Jalan Desa Ciberung-Bagawat Tertutup Tanah Longsor

Kategori: 

Badan jalan yang merupakan jalur penghubung Desa Ciberung - Desa Bagawat Kecamatan Selajambe, untuk sementara tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Menyusul terjadinya longsor di Blok Citapen Dusun Neglasari, Desa Ciberung, Jumat (21/3/2018) sekira pukul 21.30 WIB.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, putusnya jalan itu akibat longsor hingga menutup badan jalan sepanjang 25 meter dengan ketebalan tanah longsor mencapai 6 meter. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun akses jalan dari Desa Ciberung harus dialihkan melalui Dusun Ciawi Desa Selajambe. Longsor di Dusun Neglasari Desa Ciberung dipicu turnnya hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Untuk menangani dampak bencana tersebut, BPBD Kabupaten Kuningan mengirimkan tim asessmen, membuat rambu-rambu serta mengalihkan jalur transportasi dari desa Bagawat ke Dusun Ciawi Desa Selajambe. Untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor membutuhkan alat berat beko, sebab ketebalan tanah serta luasnya tanah yang menimbun badan jalan tidak mungkin dilakukan dengan cara manual. Hingga kini jalur tersebut belum bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)