Kaya Potensi Kopi, Wabup Minta Kedai Kopi di Kuningan Pakai Produk Lokal

Kategori: 

CILIMUS,- Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si meminta, para pelaku usaha kedai kopi di Kabupaten Kuningan menggunakan kopi produk asli Kabupaten Kuningan. Hal itu ia sampaikan, mengingat hampir diseluruh wilayah Kabupaten Kuningan memiliki potensi pertanian kopi yang cukup besar.

"Pertanian kopi ini hampir saya temukan disemua wilayah di Kabupaten Kuningan, dan ini merupakan sebuah daya tarik bagi Kabupaten Kuningan. Tapi saya menitipkan, bagi kedai-kedai kopi yang ada di Kuningan kopinya harus asli produk Kuningan," ungkap Wakil Bupati Kuningan, saat membuka Pelatihan Barista di Rumah Kopi Linggasana, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Rabu (15/7/2020).

Melihat potensi kopi yang melimpah di Kabupaten Kuningan dengan jenis dan cita rasa yang luar biasa, Wabup meyakini akan mampu bersaing dengan produk-produk kopi dari daerah lain di Indonesia. "Jangan sampai kedai-kedai kopi di Kuningan mengambil produknya dari daerah lain. Karena kopi kita juga tidak kalah kualitasnya dengan kopi-kopi dari daerah lain," imbuhnya.

Selain meningkatkan daya saing dengan daerah lain, dengan menggunakan produk kopi lokal, dikatakan Wabup, juga dapat menjaga keberlangsungan hidup dan meningkatkan tarap hidup yang lebih baik bagi para petani kopi di Kabupaten Kuningan.

"Mari kita terus berdayakan petani kopi kita agar mereka punya keberlangsungan hidup dan tarap hidup yang lebih baik dengan ditunjang kedai-kedai kopi yang menyajikan kopi asli dari Kabupaten Kuningan. Selain itu, kepada UMKM yang menjalankan bisnisnya dibidang kopi, agar dapat memanfatkan teknologi informasi dalam pemasarannya supaya produk kopi kita memilki pangsa pasar yang luas sehingga dikenal diseluruh wilayah Indonesia," pungkasnya.

Usai membuka kegiatan Pelatihan Barista tersebut, Wakil Bupati Kuningan bersama Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy, SE menyempatkan melihat berbagai produk kopi asli Desa Linggasana. Selain kopi, juga terdapat Cascara yang merupakan produk olahan dari kulit kopi yang bisa dijadikan minuman menyerupai teh. (Bid IKP/Diskominfo)