Kecamatan dan Desa Pinggiran Dominasi Penghargaan PBB

Penghargaan PBB Kecamatan dan Desa

Kecamatan dan Desa yang berada di wilayah yang jauh dari pusat kota mendominasi penghargaan PBB yang diselenggarakan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan, Selasa 23 Desember 2014 yang bertempat di Rumah Makan Lembah Ciremai. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch. Suganda, Ketua DPRD, Rana Suparman, S.Sos, Wakapolres Kuningan, Kompol Dian Setiawan, S.ik. Kajari Kuningan, Herwatan, SH, Kasdim, Mayor Bambang S, serta para Camat dan Kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan.
 

Sebagai wujud apresiasi serta upaya stimulasi kepada Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan yang telah bekerja keras dalam optimalisasi pemungutan PBB-P2, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dispenda memberikan penghargaan PBB-P2 tingkat Kabupaten Kuningan. Dengan penghargaan ini diharapkan akan meningkatkan kinerja camat dan kepala desa sebagai ujung tombak pemungutan PBB-P2.
 

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan dalam sambutannya mengatakan, setelah melalui berbagai tahapan persiapan yang cukup panjang, pada tahun 2014 ini kita telah bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pengelolaan PBB-P2 secara penuh mulai dari pengolahan data dan SPPT, pemungutan PBB-P2, serta pelayanan PBB-P2 kepada masyarakat wajib pajak di Kabupaten Kuningan.
 

Sementara itu Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch. Suganda dalam sambutannya mengatakan, tahun 2014 adalah tahun pertama pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Dengan beralihnya PBB menjadi pajak daerah, maka realisasi penerimaan PBB menjadi salah satu komponen Pendapatan Asli Daerah yang berarti bahwa realisasi penerimaan PBB sepenuhnya menjadi hak daerah dan dapat langsung dimanfaatkan untuk kepentingan daerah.
 

Oleh karena itu tidak berlebihan apabila saya berharap agar pengelolaan PBB setelah menjadi pajak daerah dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih optimal sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh seluruh masyarakat.
 

Lebih lanjut Utje mengatakan, meskipun tahun pertama pengelolaan PBB oleh daerah namun berkat kesungguhan, kerja keras dan kebersamaan yang dituangkan dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat selaku wajib pajak, ternyata kita mampu untuk mengelola PBB sebagai pajak daerah.
 

Adapun kecamatan dan desa yang berhasil meraih penghargan PBB adalah kecamatan dengan Kategori Rp. 250 jt, Juara 1 Kecamatan Cibeureum, Juara 2 Kecamatan Cilebak, Juara 3 Kecamatan Hantara. Kategori Rp. 250 Jt s/d 300 jt, Juara 1 Kecamatan Selajambe, Juara 2 Kecamatan Cipicung, Juara 3 Kecamatan Nusaherang. Kategori Rp. 300 jt s/d 342 jt, Juara 1 Kecamatan Cimahi, Juara 2 Kecamatan Japara, Juara 3 Kecamatan Sindangagung. Kategori Rp. 342 jt s/d 380 jt, Juara 1 Kecamatan Subang, Juara 2 Kecamatan Ciwaru, Juara 3 Kecamatan Cibingbin. Kategori 380 jt s/d 550 jt, Juara 1 Kecamatan Cigandamekar, Juara 2 Garawangi, Juara 3 Kecamatan Maleber. Kategori diatas 550 jt, Juara 1 Kecamatan Luragung, Juara 2 kecamatan Cilimus, Juara 3 Kecamatan Ciawigebang.
 

Sedangkan Desa dengan Kategori 17 jt, Juara 1 Desa Sumurwiru, Juara 2 Desa Kawungsari, Juara 3 Desa Tarikolot, Juara 4 Desa Cimulya. Kategori 17 jt s/d 24 jt, Juara 1 Desa Windusari, Juara 2 Desa Randusari, Juara 3 Desa Dukuhlor, Juara 4 Desa Gunungsari. Kategori 24 jt s/d 32 jt, Juara 1 Desa Sukarapih, Juara 2 Desa Karangmuncang, Juara 3 Desa Walaharcageur, Juara 4 Desa Citapen. Kategori 32 jt s/d 38 jt, Juara 1 Desa Cimara, Juara 2 Desa Cimahi, Juara 3 Desa Kananga, Juara 3 Desa Jatisari. Kategori 38 jt s/d 50 jt, Juara 1 Desa Cibeureum, Juara 2 Desa Garajati, Juara 3 Desa Kutawaringin, Juara 4 Desa Selajambe. Kategori diatas 50 jt, Juara 1 Desa Margamukti, Juara 2 Desa Tangkolo, Juara 3 Desa Cileuya, Juara 4 Desa Bunigeulis.(Donis, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)

Penghargaan PBB Kecamatan dan Desa
Penghargaan PBB Kecamatan dan Desa