Indonesian English

Kejuaaraan Silat Rektor Cup III Dibuka Bupati

Kategori: 

Ratusan pesilat yang tergabung dalam paguron yang berada di wilayah Kunci Bersama, mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Rektor Cup III 2018, di Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan (Uniku), Sabtu (22/12/2018).

Rektor Uniku, DR. H. Dikdik Haryadi, M.Si mengatakan, para pendekar itu terdiri atas pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat Se- Wilayah Kunci Bersama (Kuningan, Cirebon, Majalengka, Cilacap, Brebes, Banjar, Ciamis, Pangandaran) dan undangan. Kegiatan ini berlangsung hingga 25 Desember mendatang. 

"Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan akan menjadi wadah bagi paguron silat untuk melestarikan seni bela diri silat, sekaligus sebagai ajang untuk berkompetisi melahirkan para atlet terbaik. Untuk itu dibutuhkan kerjasama semua pihak agar terus bisa berjalan dan berkesinambungan,"papar Dikdik.

Dr. Ukas Suharfaputra selaku ketua IPSI Kuningan menuturkan melalui kegiatan ini akan tumbuh rasa memiliki bahwa seni pencak silat merupakan warisan yang berharga. Juga ajang mempersatukan dan menjaga silaturahim antar paguron. Ia mengingatkan untuk para pendekar yang akan bertarung agar menjunjung tinggi sportifitas untuk menjadi yang terbaik. Salam silat, hudang, tandang terus menang.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, Kuningan tahun 2019 akan menjadi Kabupaten silat. Pemerintah Kuningan akan terus mendukung setiap penyelenggaraan pencak silat. Hal ini merupakan bagian dari kekayaan seni budaya di Kuningan. Sebagai para pendekar silat, Bupati Kuningan mengingatkan, kalau kita menjiwai silat, disitu akan senyawa dengan diri kita.

Dengan silat bangun jiwa-jiwa yang sehat dan kuat. Jiwa besar, sportif, saling tolong menolong dan memiliki kepedulian sosial. "Banyak orang asing belajar silat di Indonesia ini menandakan bahwa silat memiliki nilai seni yang tinggi. Jadi sudah selayaknya kita sebagai penerus langsung dari leluhur kita. Untuk senantiasa menjaga dan melestarikan pencak silat," ungkapnya.