Komite Percepatan Pembentukan Kabupaten Konservasi Tampo Lore Belajar Ke Kuningan

Kabupaten Kuningan menerima Kunjungan kerja dari Komite Percepatan Pembentukan Kabupaten Konservasi Tampo Lore Provinsi Sulawesi Tengah. Rombongan tersebut langsung diterima oleh Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos di Ruang Rapat Setda Kabupaten Kuningan pada Kamis (9/12).
Drs. Kalima Tompa selaku Ketua Rombongan menuturkan bahwa tujuan kunjungan ke Kabupaten Kuningan karena akan adanya pembentukan Kabupaten Konservasi Tampo Lore. Dipilihnya Kabupaten Kuningan, Drs. Kalima Tompa menuturkan bahwa Kabupaten Kuningan dinilai berhasil dalam pembentukan Kabupaten Konservasi dengan banyaknya program-program pelestarian lingkungan dan juga adanya Kebun Raya Padabeunghar.
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Kuningan, Beliau juga mengucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Bupati Kuningan menuturkan bahwa Kabupaten Kuningan merupakan Kabupaten yang berada pada posisi dan peran yang signifikan sebagai daerah penyangga bagi Kabupaten yang berada disekitarnya, pendeklarasian Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi dapat dimaknai sebagai tonggak dalam upaya pengokohan dan penegasan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Kuningan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap upaya-upaya pelestarian alam.
Bupati Kuningan juga menjelaskan bahwa keberadaan Kabupaten Kuningan merupakan daerah resapan air bagi Kabupaten/Kota Cirebon dan sekitarnya, maka kawasan hutan Gunung Ciremai beserta kekayaan alam didalamnya harus dijaga dan dipelihara kelestariannya. Keberadaan kawasan hutan Gunung Ciremai sebagai Kawasan Konservasi dibawah pengelolaan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai sudah relevan dan sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi.
H. Aang Hamid Suganda, S.Sos juga menerangkan tentang keberadaan Kebun Raya Padabeunghar yang memiliki luas kurang lebih 170 Ha, yang nantinya diharapkan Kebun Raya Padabeunghar tersebut dapat menjadi pusat koleksi taman langka baik ditingkat lokal, nasional maupun internasional. Diakhir sambutannya Bupati Kuningan mengucapkan selamat menikmati suasan Kabupaten Kuningan, beliau juga berpesan kepada rombongan agar menyempatkan mengunjungi obyek wisata yang ada di Kabupaten Kuningan. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).