Indonesian English

KPU Kuningan Menggelar Kegiatan In House Training (Iht) Dalam Rangka Meningkatkan Kapasitas SDM Menyongsong Pilkada Serentak 2018

Kegiatan KPU

KPU Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan In House Training (IHT) di Aula KPU Kuningan, pada hari Kamis 19 Januari 2017 mulai pukul 08.30 s.d 16.00 WIB. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Komisioner dan Staf Sekretariat KPU Kuningan. Adapun narasumbernya yaitu Komisioner KPU Jawa Barat, H. Endun Abdul Haq, M.Pd. Meskipun kegiatan IHT berlangsung seharian penuh, para peserta nampak semangat dan antusias mengikuti semua sessi yang disajikan.

Antusiasme seluruh peserta tidak lepas kecerdikan narasumber dalam memilih metode penyampaian, yaitu metode Bridge. Metode ini dirasa efektif karena semua peserta ditempatkan sebagai subjek. Sehingga suasana yang terbangun sangat jauh dari rasa jenuh. Disamping pendalaman materi tentang kepemiluan dan pengutan tata kelola kelembagaan secara teoritis, beragam game menarik disuguhkan dalam kegiatan tersebut.

Ketua KPU Kuningan, Hj. Heni Susilawati, menjelaskan tujuan kegiatan IHT yaitu untuk mempersiapkan SDM KPU Kab. Kuningan menjelang Pilkada Serentak Tahun 2018.  Persiapan yang dimaksud berkenaan dengan aspek pengetahuan, kerjasama tim, dan orientasi pada tugas demi suksesnya Pilkada Serentak di Kabupaten Kuningan. Kegiatan IHT kali ini mengawali kegiatan selanjutnya yang direncanakan pada bulan Februari dan Maret 2017, yaitu difokuskan pada pendalaman pemahaman mengenai regulasi Pilkada”, katanya.

Sementara Anggota KPU Kuningan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Asep Z. Fauzi, menyampaikan kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya digelar di KPU Kuningan. Diharapkan dapat menumbuhkan semangat baru di internal KPU Kuningan sehingga terjadi peningkatan kinerja yang lebih baik. Kegiatan peningkatan kapasitas SDM ini rencannya akan terus dilangsungkan dengan berbagai model dan pendekatan. Sehingga semua komponen dapat bekerja secara professional.

Sebagai komisioner yang membidangi SDM, dirinya menilai upaya peningkatan kapasitas internal kelembagaan mutlak diperlukan, sebagai sarana untuk memotivasi dan menumbuhkan semangat etos kerja, disiplin, serta menanamkan nilai-nilai soliditas dan kebersamaan dalam tim. Penguatan kapasitas internal SDM KPU Kuningan sebagai sarana recharging nilai, pengetahuan dan pemahaman terhadap tugas pokok dan fungsi sebagai lembaga penyelenggara Pemilu.

Pihaknya menyadari betul bahwa tugas KPU dalam mengawal tahapan penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu yang akan datang sangat berat dan rumit. Target KPU Kuningan yang terdekat adalah mentransfer seluruh pengetahuan yang telah didapat kepada masyarakat Kabupaten Kuningan. Hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan program sosialisasi dan pendidikan pemilih. ( Sumber : KPU Kabupaten Kuningan ).

Kegiatan KPU
Kegiatan KPU