Indonesian English

Kuningan Bangun Kerja Sama Instalasi Fiber Optik

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, menandatangani naskah kesepakatan kerja sama instalasi atau pemasangan fiber optic bawah tanah dengan PT. Jabar Telematika, pada sela-sela apel pagi, di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (22/1/2018).

Pemerintah Kabupaten Kuningan akan melakukan kerja sama membangun instalasi fiber optic dengan PT. Jabar Telematika sepanjang 50 kilometer. Kerja sama itu akan berlangsung selama 10 tahun. Meski begitu, setiap tahun kedua pihak akan melakukan evaluasi dan peninjauan ulang pada setiap pekerjaan.

Sementara, biaya pemasangan sepenuhnya ditanggung oleh PT. Jabar Telematika. Pemerintah Kabupaten Kuningan akan mendapat konpensasi untuk menunjang PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang masuk langsung ke kas daerah.

Bupati Acep menyatakan, dengan dibangunnya instalasi fiber optic bersama itu potensi PAD Kabupaten Kuningan akan bertambah. Seperti hasil sewa jaringan fiber optik dari pengelola operator telekomunikasi, internet servce provider ( ISP ), LCD dan TV kabel serta pihak lainnya.

“Hal ini tentu menjadi harapan pemerintah daerah untuk dapat menambah PAD khususnya dari sektor telekomunikasi,” kata Bupati Acep, dalam sambutannya. Ia menjelaskan, dengan dibangunnya jaringan fiber optic itu bukan hanya menambah PAD, tapi insfrastruktur komunikasi di Kabupaten Kuningan akan semakin kuat.

“Ini sebagai jawaban perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dengan harapan Smart City akan cepat terwujud. Kami harapkan program in bermanfaat bagi masyarakat Kuningan dalam bidang komunikasi dan telematika,” paparnya (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)