Indonesian English

Kuningan Raih Kabupaten Kinerja Tertinggi

Kategori: 
Berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) Tahun 2016, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan 23 Daerah berkinerja baik secara Nasional. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Sumarsono dalam Acara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXI di Alun-Alun Sidoarjo, Selasa (25/04/2017). Dari 23 Daerah tersebut, terbagi dalam 3 Pemerintah Provinsi, 10 Kota dan 10 Kabupaten. Salah satunya adalah Kabupaten Kuningan.
 
“Untuk mengapresiasi capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, Presiden RI melalui Menkopolhukam menganugerahkan Penghargaan Kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dengan capaian kinerja tertinggi,” Kata Sumarsono dalam sambutannya. Evaluasi kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) sendiri didapat dari hasil Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dalam setiap tahunnya. Dalam acara yang bertema “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Ekonomi Daerah Melalui E-Government” ini ada beberapa hal penting, salah satunya yakni untuk meningkatkan pelayanan publik yang harus dikelola secara elektronik, sehingga memudahkan masyarakat agar sasarannya tepat dan cepat.
 
Adapun dari 23 Daerah berkinerja baik. Tiga Provinsi Tertinggi secara Nasional diantaranya, Provinsi Jawa Timur, kedua di raih Provinsi Jawa Barat, dan terakhir diraih Provinsi Kalimantan Timur. 10 Kabupaten tertinggi kinerja terbaik secara Nasional. Diantaranya, Kabupaten Sidoarjo (Jatim), Kabupaten Karanganyar (Jateng), Kabupaten Kudus (Jateng), Kabupaten Lamongan (Jatim), Kabupaten Pinrang (Sulsel), Kabupaten Banyuwangi (Jatim), Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Probolinggo (Jatim), Kabupaten Kuningan (Jabar), Dan Kabupaten Pati (Jateng).
 
Sementara, 10 kota terbaik/tertinggi secara Nasional, diantaranya, Kota Makassar (Sulsel), Kota Surabaya (Jatim), kota Samarinda, kota Mojokerto, Kota Gorontalo, kota Bandung, Kota Depok (Jabar). Kota Banjar (Jabar), Kota Bontang (Kaltim), dan Kota Sukabumi (Jabar). Bupati Kuningan H. Acep Purnama disela menerima penghargaan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kuningan sangat bersyukur karena masuk 10 besar Kabupaten dengan nilai kinerja tertinggi dari sekian banyak kabupaten yang ada di Indonesia, hal ini tak lepas dari kerja kerass semua pihak, DPRD, SKPD yang telah bekerjasama memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat Kabupaten Kuningan.
 
“ Alhamdulilah, bukan penghargaan yang mejadi tujuan utama Kabupaten Kuningan, akan tetapi komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk rakyat berbuah penghargaan dari Pemerintah Pusat”. Papar Acep. Hal tersebut juga diamini oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kuningan Drs. Maman Hermansyah, dengan adanya komitmen yang kuat dari dari kepemimpinan H. Acep Purnama selaku Bupati Kuningan untuk memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat, serta didukung oleh DPRD dan SKPD dalam menyelesaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah ( LPPD ) sehingga hal ini berbuah penghargaan dari Pemerintah Pusat. Terima Kasih kepada semua pihak yang telah mendukung komitmen ini. Tutup Maman. (DoniS/Bag.Humas Setda)