Indonesian English

Kuningan Raih Kembali Anugerah Paradita Ekapraya

Anugerah Paradita Ekapraya

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH menerima penghargaan APE ( Anugerah Paradita Ekapraya ), Bupati dinilai berhasil mengusung pengaurusutamaan gender (PUG), pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak pada kebijakan pemerintahannya. Pemerintah Kabupaten Kuningan menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pratama Nasional dari Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Ibu Yohana Embise bertempat di Graha Manggala Wahana Bhakti Jakarta, Rabu 21 Desember 2016.

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan pada kementerian/lembaga serta pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota yang  dinilai telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi yang terkait dengan Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) di berbagai sektor pembangunan. Terdapat tiga kategori dalam APE, yang tertinggi kategori utama, disusul madya dan pratama.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama mengaku bersyukur atas penghargaan yang diraih tersebut  penghargaan ini juga merupakan hasil kerja keras  seluruh steak holder.

Seperti diketahui bahwa Kabupaten Kuningan memiliki beberapa kebijakan tentang penyetaraan gender seperti  dengan diterbitkannya beberapa produk hukum dan Perundang-udangan seperti, Perda Nomor 16 Tahun 2013 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan, Perda Nomor 15 Tahun 2013 tentang Penyelenggaran Perlindungan Anak, Serta  SK Bupati di Bidang Perlindungan Anak diantaranya SK Bupati No. 246/KPTS.364-BKBPP/2012 tentang Forum Anak Daerah, SK Bupati No. 260/KPTS.361-BKBPP/2012 tentang Pembentukan Tim Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak, Yohana Embise dalam sambutannya mengatakan, melalui anugerah ini Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak memotivasi kepada seluruh kementrian dan pemerintah daerah untuk terus melakukan pemberdayaan kepada kaum perempuan untuk dapat mendapatkan kesempatan yang sama dengan kaum lelaki dalam segala hal sehingga perempuan mempunyai peran yang sama dalam pembangunan Indonesia.

Lebih lanjut Ibu Yohana menyampaikan selamat kepada Kementrian, Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah menerima anugerah ini, dan kedepan kebijakan-kebijakan terhadap perempuan dan anak akan lebih baik lagi. Pungkas Yohana. ( Sumber : DoniS, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Anugerah Paradita Ekapraya
Anugerah Paradita Ekapraya
Anugerah Paradita Ekapraya