Indonesian English

Kuningan Raih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengccualian

TAHUN ini Pemerintah daerah Kabupaten Kuningan meraih kembali predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, yang diserahkan di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Jalan Mochamad Toha Bandung, (5/6/2017).
 
“Alhamdulillah sudah tiga kali Pemerintah Kabupaten Kuningan meraih WTP, ini tentu saja berkat peran serta dukungan semua pihak. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah menyukseskan sistem pelaporan dan sistem akuntansi keuangan di Pemkab Kuningan,” kata Bupati Kuningan H. Acep Purnama.
 
Bupati Acep mengajak semua pihak terutama di jajaran SKPD untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga raihan opini WTP ini selaras dengan meningkatnya pelayanan kepada public. Menurutnya, Opini WTP merupakan penilaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun (TA) 2016, yang disampaikan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Arman Syifa SST M Acc kepada 11 pemerintah daerah terpilih.
 
Diantaranya Kota Cirebon, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Garut, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Bogor. Sementara, Arman Syifa dalam sambutannya mengungkapkan bahwa opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai "kewajaran" laporan keuangan, bukan merupakan "jaminan" tidak adanya fraud yang ditemui ataupun kemungkinan timbulnya fraud di kemudian hari. Hal ini, menurutnya, penting disampaikan mengingat masih banyak terjadi kesalahpahaman oleh sebagian kalangan mengenai makna opini BPK. (Donis/Bag.Humas Setda)*