Indonesian English

Kunjungan Lapangan Tim Pembina KKS dan Provinsi ke Kabupaten Kuningan

Tim Pembina KKS (Kabupaten/Kota Sehat) Pusat dan Provinsi melakukan kunjungan lapangan ke Pemerintah Kabupaten Kuningan. Acara bertempat di Ruang Rapat Linggarjati pada Selasa (17/10) pagi. Acara tersebut turut dihadiri Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., M.H, Asisten, Staf Ahli Bupati, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kuningan Asri.

Perlu kita ketahui bersama, kondisi umum Kabupaten Kuningan merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah, dengan luas mencapai 119.571,12 hektare yang terbagi ke dalam 32 kecamatan, 361 desa dan 15 kelurahan. Dengan penduduk berjumlah 1.152.663 orang pada tahun 2016.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan mengatakan, “Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJPMD) Kabupaten Kuningan memiliki visi ‘Kuningan Mandiri, Agamis, Sejahtera (MAS) Tahun 2018’ dimana misi ke 1 adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, khususnya melalui peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.”

Kebijakan ini mengacu dan mempertimbangkan RPJMN dan RPJMD dengan memperhatikan masalah utama dan masalah prioritas pembangunan bidang kesehatan periode 5 tahun kedepan (2014-2018) yang diarahkan pada meningkatnya derajat kesehatan masyarakat dengan dicirikan oleh menurunnya jumlah balita gizi buruk, angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (AKI), angka kematian kasar (AKK), penyakit berbasis lingkungan, meningkatnya usia harapan hidup dan terkendalinya laju pertumbuhan penduduk.

Hasil evaluasi pembangunan bahwa pencapaian IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Kuningan terus mengalami peningkatan. Dalam bidang kesehatan, terdapat indikator utama pencapaian IPM tersebut, yaitu indeks kesehatan yang pada tahun 2015 nilai indeksnya 78,72 dan menjadi 79,37 pada tahun 2016. Disampaikan pula oleh Bupati Kuningan, pemerintah Kabupaten Kuningan mendukung penuh program Kabupaten Sehat yang terus digulirkan oleh Pemerintah Pusat.

Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Kuningan senantiasa melakukan pembinaan, memotivasi, dan mendorong keberhasilan program Kabupaten Sehat. Dengan kini Kabupaten Kuningan yang telah meraih Penghargaan Tingkat PADAPA dan WIWERDA, Bupati berharap dan siap ke depannya untuk bisa mendapat prestasi yang lebih tinggi yakni mendapatkan Penghargaan Kategori WISTARA, yang merupakan Penghargaan Tertinggi Kabupaten/Kota Sehat. (IIP/Pubdok - Humas Setda Kabupaten Kuningan)