Indonesian English

Lahan Bekas Galian Pasir Di Desa Cibulan Menjadi Lahan Pertanian

Kategori: 

Lahan bekas galian pasir di Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan kini disulap menjadi lahan pertanian. Lahan itu ditanami benih kacang kedelai oleh masyarakat sekitar. Penanaman perdana benih kacang kedelai, dilakukan Plt Bupati Kuningan Dede Sembada, Selasa, (13/03/18). Tampak hadir Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Daru Cahyadi Suprapto, Wakapolres Kuningan Kompol Nanang Suhendar, Kepala Dinas Pertanian Kuningan, Triastami serta perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Jawa Barat. 

Pemanfaatan lahan bekas galian pasir itu sebagai upaya memajukan kesejahteraan masyarkat Kabupaten Kuningan khususnya Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu. Lahan itu masih terjaga baik sehingga dapat dijadikan sebagai tempat budidaya tanaman khususnya kacang kedelai. Kepala Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Iwan Gunawan, meyatakan di sekitar lokasi galian pasir itu mengandung potensi air yang cukup banyak. Itu pun jika digali dengan kedalaman 30 meter dari permukaan atas tanah.

“Rencananya 1,5 hektar dari jumlah luas lahan bekas galian akan dibuat situ yang bisa mengairi lahan persawahan sampai ke Desa Cieurih,” ujar Iwan Gunawan. Ia merasa gembira karena rencana itu mendapat dukungan dari pemerintah daerah yang memberikan bantuan berupa bibit, pupuk termasuk dana yang dibutuhkan untuk buruh menanam serta beberapa unit traktor.

“Hasil dari panen kedelai ini selanjutnya didistribusikan ke Bumdes bekerja sama dengan salah satu bank swasta di Kuningan. Ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten. Kuningan,” jelasnya.. Plt Bupati Kuningan Dede Sembada mengapresiasi apresiasi terhadap kegiatan itu.

“Saya merasa senang dan bersemangat untuk mendukung hal ini, karena animo masyarakat Desa Cibulan yang sangat luar biasa untuk turut memberikan dukungan terhadap kegiatan ini,” kata Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada. Plt Bupati Dede Sembada berharap rencana baik itu berjalan lancar dan dapat meberikan manfaat bagi masyarakat. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)