Indonesian English

Loka Karya Kotaku Di Buka Bupati

Kategori: 

Loka Karya yang di hadiri oleh  para kepala desa dan beberapa Camat yang berlangsung di  RM Lembag Ciremai (20/2) bupati meminta agar kepala desa memetakan wilayahnya yang ada rumah kumuh, kemudian nmenbuat laporan rincinya, ini utuk memudahkan pemerintah daerah melakuakan pemetaan.

Di hadapan peserta Loka Karya Bupati Kuningan mengatakan melalui RPJMN 2015-2019 salah satu sasaran kawasan pemukiman kumuh perkotaan menjadi nol persen. Target tersebut berusaha dicapai oleh pemerintah, kemudian penyediaan akses sanitaasi untuk masyarakat sampai 2019.

Menurut Bupati Kuningan Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh ) sebenarya  sudah ada sejak 2015, untuk mengurangi rumah tidak layak huni ada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) program ini dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan, Sehingga rumah yang tadinya tidak layak huni menjadi layak huni bahkan bisa lebih megah dari rumah tetangganya.

Selain itu juga Bupati menyoroti pola hidup masyarakat yang masih belum sehat dalam menjaga lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan ad juga yang ke sungai, septic tank yang berada hanya berjarak dua meter dari sumur artesis sehingga berdampak pada kesehatan sendiri, seharus nya minimal berjarak 10 meter  antara sumur dengan septi tank.

Di samping itu Bupati menyarankan masyarakat yang memiliki ternak peliharaan , sebaiknya membangun kandangnya jauh dari rumah alias tidak berdempetan dengan rumah tinggal. Jika berdekatan akan derdampak pada kesehatan pemilik rumahnya, Ungkapnya.

Bupati pun mengajak kepada seluruh pesert Loka Karya untuk tidak membuang sampah sembarangan agar bisa di kumpulkan dan nantinya akan diangkut ke tempat pembuangan sampah akhir, dan jangan malu-malu untuk mengajukan rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni pemerinatah Daerah siap untuk menbantu warganya.**IP  ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan )

Diposting oleh: 
Seksi Pemberdayaan dan Penyajian Informasi Dinas KOMINFO Kabupaten Kuningan, Luki Sugianto