Mantapkan Program Kerja, LKKS Kuningan Kunker Ke Unit Rehabilitasi Sosial Lansia Pucang Gading Semarang

Kategori: 

KUNINGAN – Dalam rangka memantapkan program kerja, Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Kuningan, menggelar kunjungan kerja dan rapat kerja ke Unit Rehabilitasi Sosial Lansia Pucang Gading Semarang, selama dua hari pada Jum’at-Sabtu 07-08 Februari 2020. Rombongan yang dipimpin langsung Ketua LKKS Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Harso Susilo.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Harso Susilo mengucapkan selamat datang kepada rombongan LKKS Kabupaten Kuningan di Kota Semarang. Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya telah memilih Unit Rehabilitasi Sosial Lansia Pucang Gading Semarang sebagai lokasi kunjungan kerja.

“Total 54 panti terdapat di Jawa Tengah. Termasuk panti ini merupakan salahsatu yang terbaik dalam pelayanan. Semoga bisa di ambil yang baiknya dan semoga bermanfaat untuk kemudian di implementasikan di Kabupaten Kuningan, “terangnya.

Sementara,  Ketua Panti, Sunarni menjelaskan beberapa program yang dimiliki dalam merawat para lansia agar menjadi lansia yang hebat dan berdaya. Untuk jumlah lansia sendiri, Unit Rehabilitasi Sosial Lansia Pucang Gading, yang diresmikan oleh mantan Presiden RI, H. M. Soeharto pada 29 Mei 1996, terdapat 112 lansia, yang berasal dari beberapa Provinsi di Indonesia. Seperti, Kalimantan, Jambi dan Jawa Barat.

“Kami mempunyai beberapa program yang setiap hari rutin dilakukan oleh para lansia. Diantaranya, senam lansia yang dilakukan setiap pagi hari, ada pula kegiatan keagamaan, kegiatan musik atau keterampilan memasak, serta berkebun,”papar Sunarni.

Dalam kesempatan itu, Ketua LKKS Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, menghaturkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan Ketua Panti Sosial Tresna Wredha Pucang Gading Semarang beserta jajarannya, telah menerima kunjungan kerja LKKS Kabupaten Kuningan.

“Sebagai informasi, LKKS Kabupaten Kuningan adalah Lembaga Sosial Koordinatif di tingkat Kabupaten yang merupakan wadah koordinasi, konsultasi, fasilitas, mediasi dan advokasi lembaga kesejahteraan sosial di tingkat Kabupaten yang berada di bawah pembinaan Bupati Kuningan. Sementara, di tingkat Provinsi berada dibawah Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Provinsi Jawa Barat. Dan di tingkat Nasional dibawah Dewan Nasional Indonesia Kesejahteraan Sosial (DNIKS),”papar Ika mengawali sambutannya.

Sepak terjang LKKS Kabupaten Kuningan sejauh ini telah mendapat apresiasi baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Salahsatunya tahun 2011 LKKS Kabupaten Kuningan mendapat Penghargaan Tertinggi Dari Presiden Republik Indonesia “Satya Kebhaktian Sosial” atas eksistensi dan aktualisasi organisasi sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam pembangunan di bidang sosial. Indikatornya adalah mengangkat 21 orang difabel menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya, pada tahun 2014 LKKS Kabupaten Kuningan mendapat penghargaan dari BK3S Provinsi Jawa Barat sebagai LKKS Terbaik Se-Jawa Barat dalam bidang inovasi dan pemberdayaan sosial PPKS dan PSKS. Dan pada puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Ke-23 Tahun 2019 selaku Ketua LKKS Kabupaten Kuningan meraih penghargaan kategori Tokoj Masyarakat Peduli Lanjut Usia dari Pemerintah Republik Indonesia, yang diserahkan oleh Menteri Sosial RI, Agus G Kartasasmita.

“Dari penghargaan ini, Saya terpacu untuk melakukan kunjungan kerja ke Unit Rehabilitasi Sosial Pucang Gading Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Menurut informasi  merupakan rujukan tingkat Nasional terkait Pelayanan Lembaga Kesejahteraan Lanjut Usia. Sehubungan hal tersebut, kiranya dapat memberikan pengarahan teknis terkait eksistensi organisasi sebagai bahan pembelajaran dan komparasi program kerja dalam upaya pemberdayaan potensi sumber kesejahteraan sosial dan penanganan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, terutama para lansia di Kabupaten Kuningan,”harapnya.

Banyak hal-hal yang perlu kami pelajari dan adopsi dari daerah lain. Sehingga kami bisa berbuat lebih baik dalam membantu Pemerintah Daerah sebagai mana Visi Kabupaten Kuningan adalah menciptakan masyarakat yang Ma’mur, Agamis dan Pinunjul (MAJU) Berbasis Desa Tahun 2023.

“Saya selaku Ketua LKKS Kabupaten Kuningan, akan terus menciptakan inovasi dan terobosan baru dalam mengembangkan model pelayanan guna mengatasi berbagai permasalahan di bidang kesejahteraan sosial,”pungkas Ika.

Selanjutnya rombongan LKKS Kabupaten Kuningan diperkenankan berkeliling melihat bagaimana pelayanan dan aktivitas yang dilakukan setiap hari oleh Unit Rehabilitasi Sosial Lansia Pucang Gading Semarang. (Handy)