Indonesian English

Menteri Sosial RI Pantau Program PKH Di Kabupaten Kuningan

Kategori: 

Menteri Sosial RI, Idrus Marham melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kuningan sekaligus melakukan penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (KPH) dan Bansos Pangan Rastra. di GOR Ewangga Kuningan, Jum'at (27/4/2018). Didampingi Direktur Jenderal Perlindungan dan jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Direktur Jenderal Penanggulangan Fakir Miskin, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jabar. Hadir pula Kepala SKPD Kabupaten Kuningan, Kepala Cabang BNI 46 Kuningan, Kordinator wilayah PKH Prov. Jabar.

Kedatangan Menteri Sosial ini disambut oleh 500 warga penerima bantuan PKH dan Sembako dan Beras Sejahtera (Rastra). Mereka merupakan bagian dari kelompok penerima manfaat PKH yang diambil dari enam kecamatan di Kabupaten Kuningan. Ia juga menjanjikan, pada tahun depan, besaran bantuan PKH akan ditambah. Namun kisaran tambahan besarnya bantuan tidak disebutkannya secara eksplisit. " Ya nanti menjadi dua sampai tiga jutaan lah, " tuturnya. Tak hanya itu, ia juga memaparkan beberapa arahan Presiden Jokowi kepada dirinya untuk turun ke lapangan memastikan bahwa bantuan untuk warga benar-benar sampai ke tangan mereka.

Ada hal yang menarik dari sosok Menteri Sosial ini. Selain sederhana, dan memiliki kecerdasan intelektual dan agama ia juga bisa berbaur dengan masyarakat sekaligus para pendampingnya. Hal ini tampak saat mendaulat dirinya sebagai MC. Saat, akan membagikan bantuan secara simbolis kepada para penerima berprestasi. Satu per satu para pejabat di kementeriannya, termasuk Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, dipersilahkan Idrus untuk menyerahkan bantuan kepada para penerima yang berbaris di depan hadirin. 

Dalam sambutannya Mensos Idrus, meminta warga untuk tidak berterima kasih kepadanya, sebagai menteri. Mensos, ujarnya, hanyalah bawahan dari seorang presiden. "Ibu-ibu jangan berterima kasih, pada saya, tapi berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi, " ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Plt. Bupati Kuningan menyebutkan berdasarkan jumlah data dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan, pada tahun 2017 penerima Rastra di Kabupaten Kuningan sebanyak 82.082 KPM (Keluarga Penerima manfaat). Tahun 2018 jumlah penerima bantuan Program Keluarga Harapan sebanyak 47.569 KPM, yang tersebar di 32 kecamatan dan 376 desa/kelurahan.

Untuk bantuan Sosial PKH Tahap I Tahun 2018 dari jumlah keluarga penerima manfaat sebanyak 47.569 KPM. Sebesar Rp23. 784.500.000,-. Sedangkan untuk tahun 20a8 Total bantuan sosial PKH tahap I sampai dengan IV di perkirakan sebesar Rp89.905.410.000,-

Plt Bupati Dede Sembada mengharapkan semua pihak yang berkepentingan terutama Pendamping PKH agar program ini benar-benar tepat sasaran sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. "Kami pun siap menjaga kredibilitas dihadapan pemerintah pusat dan masyarakat sendiri. Sehingga program ini dapt dirasakan langsung manfaat oleh masyarakat,”katanya. Usai membagikan bantuan non tunai PKH serta sembako dan Rastra, kunjungan Mensos RI di Kuningan langsung menuju ke Masjid Syiarul Islam untuk melakukan Shalat Jum'at. Ia pun berkesempatan menyampaikan agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)