Migrasi Operating System IGOS di Lingkup Pemkab Kuningan 2013

Kategori: 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Drs. Agus Sadeli, M.Pd, secara resmi membuka Pelatihan Open Source Software Tahun 2013 bertempat di Wisma Permata Kuningan pada hari Selasa (26/11), dengan instruktur dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta dari Diskominfo Kabupaten Kuningan. Hadir dalam acara pembukaan tersebut Sekretaris Diskominfo Kabupaten Kuningan, Agus Sumitra, S.Sos, Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi Diskominfo Kabupaten Kuningan, Dra. Wetty Sri Sulistiani, Kasi MSI, Kasi PDE serta pegawai Diskominfo.

Dalam sambutannya Kepala Diskominfo Kabupaten Kuningan, Drs. Agus Sadeli, M.Pd, menyatakan bahwa pelatihan open source software tahun 2013 ini, untuk yang ketiga kalinya dalam tiga tahun anggaran, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh para operator SKPD, Bagian pada Setda yang diikuti oleh 80 orang peserta.
Sejak berlakunya Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2001 Tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia dan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, maka kebutuhan akan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan semakin mendesak dan terus meningkat setiap waktu seiring dengan berkembangnya teknologi.
Tetapi pemanfaatan perangkat lunak khususnya di lingkungan pemerintahan banyak yang masih menggunakan software ilegal atau bajakan. Ini suatu hal yang kontradiktif karena di lain pihak pemerintah sedang gencar memasyarakatkan peraturan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) di indonesia. Seharusnya kita menjadi bagian dari gerakan anti penggunaan perangkat lunak ilegal dengan memberikan kontribusi yang optimal.
Maksud pelatihan ini adalah mensosialisasikan serta me-refresh kembali open source software yang pernah diberikan tahun lalu, sedangkan tujuannya mempercepat program e-goverment di Kabupaten Kuningan melalui pemanfaatan open source serta penghematan anggaran dalam pangadaan lisensi.
Di akhir sambutannya, Kepala Diskominfo Kabupaten Kuningan, Drs. Agus Sadeli, M.Pd, mengajak marilah masing-masing instansi pemerintahan menjadi teladan bagi masyarakat agar mulai menerapkan penggunaan open source software ini untuk mendukung terciptanya sistem komputerisasi pemerintahan yang baik guna terciptanya good governance. ( Sumber : PDE Diskominfo Kabupaten Kuningan ).