Indonesian English

Mulai Maret 2017, Tarif Air di Kabupaten Kuningan Naik

Kategori: 

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kamuning Kuningan memastikan mulai bulan Maret 2017 tarif air akan mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut berdasarkan Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan Tarif PDAM seiring dengan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang berimbas pada naiknya biaya produksi pengolahan air.

Menurut Kabag Hubungan Langganan PDAM Tirta Kamuning Kuningan, Anto Riyanto saat ditemui Info Kuningan di Kantor setempat, Senin (20/2/2017) mengatakan, bahwa untuk penyesuaian tarif air telah di informasikan pihaknya kepada pelanggan awal Februari lalu melalui selebaran. dikatakan Anto, penyesuaian tarif air tersebut kenaikannya hanya 9 persen.

"Penyesuaian tarif air ini, rata-rata 9 persen dan hanya berlaku bagi pelanggan menengah ke atas, niaga dan industri. sementara untuk rumah tangga golongan A atau masyarakat berpenghasilan rendah, sarana sosial dan tempat ibadah tidak mengalami kenaikan untuk  konsumsi standarnya yang 10 meter kubik itu, kalo melebihi baru yang lebihnya itu akan dikenakan penyesuaian tarif yang 9 persen itu," tutur Anto.

Penyesuaian tarif tersebut lanjut Anto, mulai berlaku pada tagihan bulan Maret untuk pemakain bulan Februari.

"tadinya penyesuaian tarif air, akan kami lakukan di bulan januari seiring dengan kenaikan tarif listrik, namun kami mengingat dan menimbang kondisi masyarakat ketika itu sehingga penyesuaian tarif air baru kami berlakukan untuk tagihan bulan maret mendatang pemakaian air bulan Februari," ujarnya. 

Dikatakan kabag Hublang, penyesuaian tarif air dilakukan tujuannya demi menjaga pelayanan yang maksimal dengan pasokan air tetap lancar kepada pelanggan.

"penyesuain tarif air ini, prinsipnya adalah efektif dan efisien, sehingga kami menghimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan air agar pasokan air tetap lancar, menurut saya cukuplah 10 meter kubik bagi setiap rumah tangga," pungkasnya. (Yudi/MC Kuningan)