Indonesian English

Pameran Produk Makanan Di Pandapa Paramarta

Selama tiga hari (3-5/8), Dinas Koperasi dan UKM Kuningan menggelar pameran Kuningan KUKM Expo. Kegiatan rutin ini berlangsung di Lapangan Pandapa Paramarta dan dibuka oleh Pj. Sekda Drs. H. Dadang Supardan, M.Si.

Menurut Ir. Bunbun Budhiyasa, maksud dan tujuan digelarnya kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk memfasilitasi promosi produk unggulan KUMKM, dalam upaya menggerakan dan meninngkatkan kewirausahaan masyarakat serta perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya lokal.

Dengan harapan pelaku UMKM dapat menjadi pengalaman nyata dapat memasarkan produknya lebih luas lagi yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kuningan. Kegiatan pameran KUMKM Expo ini diikuti oleh 30 UMKM Produk makanan, handycraft dan fashion serta 5 stand kuliner khas Kuningan.

Masih menurut Bunbun dengan diadakannya pameran UMKM ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi dan kemampuan pemasaran produk para anggota koperasi dan pelaku UMKM, mendorong tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru, serta menjalin kemittraan usahaa antar koperasi, pelaku UMKM dengan pihak BUMN/perbaankan maupun dengan swasta.

Sementara itu Pj. Sekda Dadang Supardan dalam sambutannya mengatakan, kita tidak perlu malu untuk menjiplak dan mencontoh koperasi-koperasi yang sudah maju, seperti koperasi susu yang ada di selandia baru yang akhirnya menjadi koperasi serba usaha, sehingga mampu menjadi koperasi nomor satu penghasil susu sapi didunia dari asalnya koperasi peternak susu.

Tantangan kita selalu dalam meningkatkan pasar, kurangnya kelogowoan dalam bekerjasama membangun komunitas demi memnuhi permintaan pasar yang lebih besar. Permintaan banyak dan kemudian hilang karena kita tidak dapat memenuhi permintaan pasar baik kuantitas, kualitas maupun persaingan harga dengan daerah lain.

Dengan diadakannya kegiatan KUKM Expo ini diharapkan kedepan promosi pemasaran produk-produk KUKM Kabupaten Kuningan semakin baik. “Manfaatkan dunia teknologi untuk memasarkan seperti yang tengah booming saat ini menggunnakan media sosial “. Tutup Dadang. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)