Indonesian English

Panen Perdana Jagung Dan Peluncuran Koperasi Mitra Santri

Kategori: 

Bupati Kuningan Dede Sembada menghadiri panen raya perdana jagung dan peresmian Koperasi Mitra Santri Nasional, di Desa Sindang, Kecamatan Lebakwangi, Rabu (4/4/2018). Pada acara yang dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) DR. KH. Ma’ruf Amin, dilangsungkan penandatangan kesepakatan bersama MUI dan Kementerian Perdesaan RI.

Hasil panen jagung yang ditanam serta dikelola oleh Koperasi Mitra Santri Nasional mencapai 9 ton. Perkiraaan awal hanya akan mencapai 5 sampai 6 ton. “Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, untuk itu pembangunan koperasi perlu menjadi prioritas utama pembangunan ekonomi daerah dalam jangka panjang,” kata Dede Sembada dalam sambutannya.

Menurutnya, pembangunan koperasi harus tumbuh dari prakarsa masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat secara mandiri dalam tatanan sistem ekonomi kerakyatan. Ia berharap Koperasi Mitra Santri Nasional mampu menjadi wadah dalam mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para anggota maupun masyarakat sekitarnya.

Hal itu selaras dengan pernyataan Ketua MUI Pusat DR. KH. Ma’ruf Amin bahwa masyarakat yang bergabung dalam koperasi harus terus melakukan inovasi dan pengembangan koperasi sehingga lembaga ekonomi itu akan kokoh. “Saya menginginkan bahwa negara ini harus dirubah menjadi negara pengekspor, tidak lagi menjadi negara pengimpor. Sehingga menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menghasilkan produk unggulan,” kata DR. K.H. Ma'aruf Amin. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)