Indonesian English

Pawai Karnaval Budaya Rampes Meriahkan Harjad ke-520 Kuningan

Kategori: 

Ribuan masyarakat Kuningan tumpah ruah menyaksikan Pawai Karnaval Budaya Ragam Pesona (Kuningan Rampes) dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-520 Kuningan yang berlangsung mulai depan Pendopo –finish Perempatan Gotong Royong, Rabu (5/9/2018). Dimeriahkan dengan berbagai atraksi, helaran, kostum dari semua peserta dengan menampilkan identitas nusantara.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama usai melepas peserta pawai, menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat apa bila terselenggaranya Pawai Karnaval telah mengganggu ketenangan dan kegiatan masyarakat sehari-hari. Namun mari kita syukuri nikmat yang Allah SWT berikan kepada Kabupaten Kuningan dengan senantiasa bersyukur. Juga dengan suka cita dan kegembiraan kita semua. Marilah kita eratkan persatuan dan kesatuan untuk membangun Kuningan dengan senantias memohon pertolongan-Nya.

Kemudian Bupati bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) turut berjalan kaki memeriarhakan pawai tersebut menuju Panggung kehormatan yang berada di Taman Kota. Disusul Maching Band Sar Pol PP Kuningan, Pasukan Pengibar Bendera, Ibu-ibu PKK, Dharma Wanita, Ibu-Ibu Bhayangkari Polres Kuningan, Persit Chandra Kirana Kodim 0615 Kuningan, Organisasi kemasyarakatan, pemuda, sekolah dan masih banyak lagi.

Semakin siang peserta karnaval semakin meriah dengan berbagai macam atraksi, hiburan, dan kostum-kostum karnaval dengan ciri khas budaya nusantara.

Antusias masyarakat Kuningan untuk menyaksikan pawai karnaval begitu besar, pawai ini bukan hanya sebagai tontonan melainkan juga tuntunan karena semua helaran yang ditampilkan memiliki filosofi. Peserta pun bukan hanya orang dewasa, tapi banyak juga anak-anak yang dilibatkan.

Hal ini menunjukan bagaimana menanamkan pelestariaan budaya sebagai aset.
Tak sedikit dari kalangan masyarakat yang menonton membawa keluarga. Hal ini dijadikan moment penting bagi mereka.Salah seorang warga Ciwaru, Udin bersama keluarga yang menonton langsung di depan Pendopo mengatakan, Kami bersama keluarga sudah datang sebelum acara di mulai karena tidak ingin kehilangan moment yang ada hanya satu tahun sekali ini. Saya merasa terhibur dengan aneka ragam helaran yang disuguhkan para peserta. Semoga di Hari Jadi Kuningan ini. Kuningan Mulus Rahayu, Berkah Selamat.

Pawai Karnaval di mulai Pukul 08.00 WIB peserta pejalan kaki berbaris di mulai dari depan SMPN I Kuningan sampai ke bundaran Cijoho sesuai dengan nomor urut usai pejalan kaki selanjutnya Kendaraan Hias dan kendaraan Komunitas Mobil dan Motor.

Dalam kesempatan itu ada juga peserta Karnaval dari Kabupaten Brebes. Ia menyampaikan kami Pemerintah Brebes merasa bangga menjadi bagian dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kuningan ini. Semoga Kuningan dapat mewujudkan visi-misnya. Marilah kita bersatu padu demi ketangguhan negri. “Rawe-Rawe Rantas, Malang-Malang Putung” (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)

Rekaman live Karnaval Hari Jadi Kuningan tahun 2018, bisa di lihat halaman youtube "PHBN Kuningan 2018" atau link berikut :