Pemerintah Kabupaten Kuningan Ikuti Rakernas Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 Melalui Virtual

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. menyimak Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 melalui video teleconference di ruang rapat Linggajati Kabupaten Kuningan, Selasa (22/09/2020). Turut hadir dalam acara vicon tersebut Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M. Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr.H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala Inspektorat Drs. Deniawan, M.Si., Kepala Bappeda Ir. Usep Sumirat, dan Kepala BPKAD Kabupaten Kuningan.

Untuk pertama kalinya Rakernas tahun 2020 dilakukan secara daring karena masih berada dalam masa pandemi Covid-19. Agenda puncak Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 adalah penyampaian Keynote Speech oleh Ibu Menteri Keuangan, Pemberian Penghargaan WTP kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang berhasil meraih Opini WTP 10x Berturut-Turut, 5x Berturut-Turut, dan Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019, serta pemberian BMN Awards.

Kabupaten Kuningan Berhasil mempertahankan opini WTP 6 kali berturut-turut melalui video conference Pemerintah Kabupaten Kuningan mendapatkan penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat Rakernas Akuntansi dan Pelaporan keuangan pemerintah tahun 2020.

Selain itu, terdapat pula Talkshow dengan tema “Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara dalam Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional” dengan narasumber Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP, Gubernur Sumatera Barat, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung, serta dimoderatori oleh Inspektur Jenderal Kemenkeu.

Sambutan pertama oleh Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI DR. Andin Hadiyanto, M.A menyampaikan laporan Rakernas tahun 2020. Acara ini terlaksana atas dasar koordinasi dan sinergitas dari berbagai pihak terutama keterlibatan direktorat jendral Negara kementerian dan keuangan dalam penganugrahan BMN Award sebagai bentuk apresiasi atas pengelolaan BUMN yang terbaik. Acara Rakernas ini diikuti oleh Para Pimpinan dan anggota PPK, Para Menteri, para kepala daerah, Ketua dan anggota, Para pejabat seluruh kementerian keuangan dan lembaga, serta Akademisi.

Rakernas ini dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan antara lain kegiatan pra-Rakernas yang telah dilaksanakan sejak tanggal 14-19 September 2020 yang terdiri dari lomba cerdas cermat, quote dan lomba poster dengan berbagai kategori.

Selanjutnya Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D memberikan apresiasinya kepada kementerian dan lembaga pemerintah yang berhasil mengelola Barang Milik Negara (BMN) dengan baik lewat BMN Awards dengan berbagai kategori.

Beliau juga menyampaikan mengenai langkah-langkah pengelolaan ekonomi masa pandemi Covid-19 dengan cara meningkatkan dan memperkuat peran aparat pengawas intern pemerintah didalam mengawal program penangan pandemi covid-19 dimasing – masing kementerian lembaga dan daerah baik di pusat maupun di daerah guna penanganan kesehatan dan untuk pemulihan ekonomi, melakukan inventarisasi dan akselerasi penyelesaian berbagai peraturan yang menjadi payung hukum, serta perlu menyusun petunjuk teknis yang komperhensif dengan kondisi yang ada di lapangan.

Menkeu berharap kepada seluruh kementerian Negara dan lembaga serta pemerintahan daerah terus memperbaiki sistem informasi data yang akan menjadi basis didalam melaksanakan program – program untuk penanganan bidang kesehatan dan pemulihan ekonomi. Dikarenakan Pemerintah akan terus membangun komunikasi dengan para pemangku kepentingan termasuk dengan BPK, didalam merumuskan strategi antisipasi terhadap berbagai tantangan didalam penyusunan laporan keuangan dan dalam proses pemeriksaan laporan keuangan tahun 2020. (BID/IKP/DISKOMINFO)