Indonesian English

Pemkab Kuningan dan DPRD Tandatangani Kesepakatan Aksi PPK

Kesepakatan Aksi PPK

Penandatangan Penyepakatan Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Terintegrasi Pemkab Kuningan dengan DPRD Kabupaten Kuningan yang di tandatangani oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH dengan Ketua DPRD Kuningan, Rana Suparman, S.Sos di ruang rapat Linggarjati berlangsung Jumat (20/1/2017). Dalam pertemuan ini Kepala Inspektorat Kabupaten Kuningan, Drs. H. Kamil Ganda Permadi MM, mengatakan Kabupaten Kuningan telah dimonitoring dan disupervisi oleh TIM dari Komisi Pemberantasan Korupsi RI (KPK RI), pada 18 Januari 2017 kemarin. Kabupaten Kuningan diberi target untuk menyusun Rencana Aksi PPK Pemerintah Daerah terintegrasi dan menyampaikannya kepada KPK RI akan dilaksanakan pada Senin 16 Januari 2017 ungkapnya.

Aksi PPK sendiri meliputi integrasi sistem perencanaan kegiatan, integrasi sistem keuangan, optimalisasi pengunaan sistem aplikasi, tranparansi dan akuntabilitas, optimalisasi sistem pengawasan, optimalisasi pengelolaan keuangan, peningkatan tata kelola sistem informasi daerah, optimalisasi sistem kepegawaian. Rencana aksi PPK sendiri akan dimonitoring oleh TIM KPK RI pada Juni 2017 yang akan datang.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan mengatakan sebagai tindak lanjut komitmen pencegahan korupsi terintegrasi di pemkab/kota di Jawa Barat dengan KPK RI, adanya Intervensi kuat dari pihak dalam perencanan kegiatan dan perencanaan anggaran, pengadaan barang dan jasa, alokasi bantuan sosial dan bantuan keuangan, oleh karenanya Kabupaten Kuningan dituntut komitmennya untuk melakukan pencegahan tindak pidana korupsi dimulai sejak perencanaan penganggaran, pengelolaan keuangan, pengadaan barang dan jasa, pengelolaan aset hingga proses pengawasan dan monitoring pembangunan.

Sebagai Pimpinan Daerah tentunya saya menginginkan pelaksanaan roda pemerintahan di Kabupaten Kuningan dapat berjalan dengan baik, transparan dan akuntabel. Prinsip Good Governance dan Clean Goverment sudah menjadi keniscayaan, saya sendiri tidak mengetahui hal apa yang diadukan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan ke KPK RI tetapi fakta ini menunjukan bahwa masyarakat semakin pintar, semakin kritis dan sadar akan hak mereka sebagai publik yang kita layani, ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati Kuningan, mengucapkan selamat bekerja, tetap kompak dan tetap berpegang pada komitmen kita bersama dalam mencegah dan memberantas korupsi di Kabupaten Kuningan.( Sumber : IP, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Diposting oleh: 
Seksi Pemberdayaan dan Penyajian Informasi Dinas KOMINFO Kabupaten Kuningan, Aris Kadarisman
Kesepakatan Aksi PPK