Pemkab Kuningan Gelar Rapid Test Massal

Kategori: 

KUNINGAN, - Untuk memastikan kesehatan masyarakat Kabupaten Kuningan dalam menghadapi masa PSBB transisi ke Adaptasi Kebiasaan Baru atau yang lebih melekat dengan istilah yang dikenal dimasyarakat yaitu New Normal di masa pandemi covid-19, Pemkab Kuningan lakukan 1000 Rapid Test , Sabtu (30/05/2020).

Rapid test dilakukan di beberapa titik di Kabupaten Kuningan, seperti di Pasar Baru Kuningan, Pasar Kepuh Kuningan dan Komplek Pertokoan Siliwangi tepatnya depan Kantor POS Kuningan. Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH mengatakan ketika melakukan monitoring pelaksanaan rapid test di Pasar Kepuh Kuningan, dimana saat ini kita akan memasuki suasana new normal, "atau istilah Pak Gubernur mengatakan AKB ( adaptasi kebiasaan baru).

Saya kira ini sebuah transisi, tapi untuk menghadapi transisi ini, perlu untuk mengantisipasi langkah-langkah agar ada kepastian". Lebih lanjut Bupati menjelaskan "Hari ini kita lakukan 1000 rapid tes di semua wilayah Kuningan, sehingga kami bisa anggap sample yang bisa merata, selanjutnya nanti kedepan barangkali saya pun akan melakukan 1000 swab, untuk menentukan langkah- langkah apakah Kuningan dengan sample seperti ini bisa di gambar kan sebuah zona yang bisa aman, bisa di naikan hari ini biru menjadi hijau. Dan sesuai dengan pesan Pa Gubernur, jangan hari ini biru besok turun" tandasnya Menurut Bupati Kuningan, dipilihnya lokasi Pasar dan beberapa Pusat Pertokoan dikarenakan pasar merupakan pusat pertemuan pendatang/orang-orang dari seluruh penjuru, "Insya allah ini menjadi sample kewilayahan, hari ini selain pasar kepuh ada juga pasar baru, pasar barat.

Mungkin besok akan dilaksanakan di Luragung sampai Cibingbin, Ciawi keselatannya Darma, Kadugede, kemudian Cilimus, Kramatmulya dll" ucap Bupati. Kapolres Kuningan turut hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan monitoring pelaksanaan rapid test covid. Hal serupa juga dilakukan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda di Pasar Baru Kuningan, yang didampingi oleh Kepala Kopdagperin Kuningan dan Kalak BPBD Kuningan. Kemudian di titik lain di Komplek Pertokoan Siliwangi Kuningan, monitoring dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar,M. Si bersama Dandim 0615 Kuningan.

Dalam kegiatan monitoring tersebut sekaligus mengedukasi masyarakat agar tetap melakukan pola hidup bersih dan menerapkan protokol kesehatan covid-19(memakai masker, cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman, tidak berkerumun dll), diharapakan menjadi suatu kebiasaan yang harus diterapkan dengan disiplin . Bagi masyarakat yang terlihat tidak memakai masker, diingatkan dan diberikan pula masker untuk digunakan. (Bid IKP/ DISKOMINFO)