Pemkab Kuningan Gelar Wayang Giri Harja III di Citundun

Kategori: 

Penampilan wayang golek Giri Harja III yang dibawakan Dalang Dadan Sunandar Sunarya berhasil memukau ratusan warga masyarakat Desa Citundun Kecamatan Ciwaru, Sabtu (08/9/2019) malam tadi, hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Desa Citundun dan sekitarnya. 

Pagelaran wayang tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-521 Kabuapeten Kuningan. Turut hadir Sekretaris Daerah Kuningan H. Dian Rachmat Yanuar M.Si, Kepala Bagian Humas Dr. Wahyu Hidayah M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH., MH mengatakan bahwa tujuan digelarnya wayang golek pada hari ini salah satunya untuk melestarikan dan mengembangkan seni pewayangan di kalangan masyarakat, terutama generasi muda. Sebab, wayang golek merupakan media yang tepat untuk memberikan informasi dan lebih mudah dicerna. 

Lebih lanjut Bupati mengatakan pagelaran ini juga bisa menjadi ajang silaturahmi bagi para warga sekitar, sehingga terjadi kekompakan dalam membangun desa yang Pinunjul. Akhir sambutannya Acep Purnama berpesan bahwa harus peduli untuk melestarikan kesenian tradisi sunda, khususnya seni Wayang Golek