Pemkab Kuningan Launching Pendistribusian Sembako

Kategori: 

KUNINGAN,- Selain berdampak buruk terhadap kesehatan, pandemi Covid-19 juga berdampak pada penurunan perekonomian masyarakat. Untuk itu Pemerintah, baik pusat dan daerah terus melakukan upaya penanganan dan penyelematan kondisi masyarakat terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari melalui perlindungan sosial berupa bantuan sembako dan uang tunai.

Hari ini, Jumat (15/5/2020) Pemerintah Kabupaten Kuningan mulai mendistribusikan bantuan sembako kepada masyarakat ditandai dengan dilaunchingnya pendistribusian tersebut, oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH di halaman Setda setempat. Hadir dalam kesempatan tersebut, Forkopimda Kab.Kuningan, Para Asisten Daerah, Inspektur, Kadinsos, Camat Kuningan, Kordinator PKH Kabupaten, dan TKSK.

Kepala Dinas Sosial Kab.Kuningan, Drs. Dudy Budiana, M.Si dalam laporannya mengatakan, adapun bantuan yang didistribusikan sebanyak 25.000 paket sembako yang akan didistribusikan ke seluruh Desa/Kelurahan di wilayah Kabupaten Kuningan. Adapun isi paket tersebut, disampaikan Dudy diantaranya, beras 10kg, gula pasir 1kg, terigu 1kg, minyak goreng 2 liter, 1 buah makanan kaleng, biskuit 1 bungkus dan 10 bungkus mie instan.

Selanjutnya Dudy menjelaskan, untuk waktu pendistribusian akan dilakukan tiga tahap selama masa tanggap darurat. Sementara sistem pendistribusiannya akan dilakukan pihak penyedia barang ke masing-masing Desa/Kelurahan. Selanjutnya pihak Desa/Kelurahan akan menyerahkan langsung kepada masyarakat penerima bantuan.

"Untuk pendamping penyaluran nya ada dari unsur TKSK, PKH, PSM, Tagana, dan Karang Taruna Desa. Kemudian untuk pengawalan nya ada dari TNI, Polri yang ada di wilayah kecamatan dalam hal ini unsur dari Koramil dan unsur dari Polsek" jelas Dudy.

Sementara Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, dalam sambutannya mengemukakan, pemberian bantuan sosial berupa sembako, merupakan salah satu langkah Pemkab Kuningan dalam penanganan dampak Covid-19. Dimana Covid-19 menurutnya, telah menyebabkan dampak merosotnya perekonomian masyarakat.

"Dengan adanya bencana covid-19 yang masih terasa mengancam jiwa raga kita, termasuk kita saat ini sedang memikirkan dampak-dampak nya. Diantaranya dampak sosial termasuk dalam sendi-sendi kehidupan untuk terpenuhinya kebutuhan pangan di tengah tengah masyarakat. Setelah ini kita harus pikirkan lagi dan sedang kita rancang untuk pemulihan pemulihan nya bagaimana," ungkapnya.

Selanjutnya Bupati mengucapkan terima kasih kepada tim medis, TNI, Polri, dan satuan gugus tugas penanganan Covid-19 serta seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan, termasuk kepada masyarakat yang telah mengikuti semua anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Oleh karenanya saya haturkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu terlaksananya kegiatan ini, terima kasih kami kepada Dinas Sosial sampe hari ini masih terus melakukan pendataan, pendataan ini penting agar bantuan-bantuan ini tepat sasaran siapa yang kita bantu, masyarakat yang wajib kita bantu masyarakat yang tidak mampu, masyarakat yang hampir miskin, masyarakat yang sangat miskin, dan sebagainya," pungkasnya. (Bid/IKP/Diskominfo)