Pemkab Kuningan Memetakan 14 Tema Desa MAJU

Kategori: 

Pemerintah Kabupaten Kuningan memetakan 14 tema Desa Maju dalam upaya mewujudkan visi Kabupaten Kuningan yaitu MAJU (Ma’mur Agamis Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023. Hal itu disampaikan Bupati Kuningan H. Acep Purnama pada acara penyerahan Anugerah Desa Pinunjul di Desa Cinuntu, Kecamatan Pasawahan, Rabu, (4/9/2019).

Bupati Acep Purnama, menerangkan Anugerah Desa Maju yang merupakan salah bagian dari rangkaian peringatan ke-521 Hari Jadi Kuningan, itu untuk memberikan apresiasi dan pemetaan potensi-potensi desa di Kuningan.

“Pemetaan Desa Maju ini bisa menjadi pedoman pembangunan desa sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa,” kata Bupati Acep Purnama.

Ke empat tema desa Maju mempunyai masing-masing ciri desa disesuaikan dengan potensi desa diantaranya ciri khas Desa Maju Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Desa Maju Bidang Keluarga Berencana, Desa Maju Bidang Kesehatan, Desa Maju Bidang Ekonomi Kreatif, Desa Maju Bidang Pariwisata.

Selanjutnya Desa Maju Bidang Lingkungan, Desa Maju Bidang Peternakan, Desa Maju Bidang Pertanian, Desa Maju Ramah Ibu dan Anak, Desa Maju Bidang Investasi, Desa Maju Bidang Kesadaran Hukum, Desa Maju Taat Pajak, dan Desa Maju Bidang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi acara tersebut. Ia berharap dengan adanya kegiatan Anugerah Desa Maju 2019 menambah semangat, gairah, untuk memajukan desa. Menurutnya, banyak program yang sudah digulirkan oleh Pemprov Jabar untuk mendorong pembangunan di desa diantaranya program One Pesantren One Product (OPOP), Desa Digital serta Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Direktur Utama HU Fajar Cirebon, Dea Angkasa Putri menjelaskan bahwa Anugerah Desa Maju 2019 adalah gelaran untuk memberikan apresiasi kepada desa-desa di kabupaten Kuningan sesuai Visi Kuningan Maju Berbasis Desa 2023.